Libur Sekolah dan Fornas di Palembang Bikin Meningkatknya Pengguna LRT Sumsel
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di atas Sungai Musi, Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengguna kereta api dalam kota (Light Rail Transit) di Palembang, Sumatera Selatan, mengalami peningkatan pada akhir pekan pertama Juli. Berdasarkan catatan PT KAI Divre III, kenaikan penumpang KRL karena pengaruh adanya Festival Olahraga Rekreasi Nasional yang digelar pada masa libur sekolah.

Aida Suryanti, Kepala Bagian Humas PT KAI Divre III Palembang, menyampaikan pada Minggu (26/6) sampai Minggu (3/7) total penumpang yang menggunakan LRT Sumsel selama periode tersebut berjumlah total 96.075 orang, dengan rata-rata penumpang harian sebanyak 12.009 orang.

Sebelumnya, rata-rata penumpang harian pada masa libur sekolah hanya 8.478 orang.

"LRT Sumsel pada masa libur sekolah dan pelaksanaan FORNAS VI menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pendatang yang sedang berlibur di kota Palembang," kata dia.

Penumpang LRT Meningkat karena Libur Sekolah 

Sejak dimulainya libur sekolah penumpang LRT Sumsel sudah mengalami tren kenaikan. Pada Minggu (26/6) jumlah penumpang mencapai 13.982 orang.

Adanya Fornas VI yang berlangsung tanggal 1-7 Juli 2022 semakin mendongkrak jumlah pengguna LRT, yang mana pada Sabtu (2/7) mencapai 14.255 orang dan Minggu (3/7) sebanyak 16.804 orang.

Kenaikan penumpang ini tak lepas dari keberadaan stasiun-stasiun LRT yang melewati ikon-ikon Kota Palembang, pusat perbelanjaan, fasilitas publik lainnya dari Bandara SMB II hingga ke kompleks olahraga internasional Jakabaring Sport City.

Tarif LRT Sumatera Selatan

Kenyamanan serta tarif yang terjangkau membuat LRT Sumsel menjadi alternatif transportasi pilihan masyarakat.

Saat ini, pengelola LRT Sumsel mengoperasikan 88 perjalanan setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga 20.25 WIB dengan tarif tiket dari dan menuju Stasiun Bandara Rp10.000 per orang.

Pengguna juga dapat menggunakan uang elektronik maupun tiket QR / Manual sudah terintegrasi dengan BRT dan Oplet Musi Emas pada koridor tertentu.

Sejauh ini, Stasiun DJKA masih menjadi pilihan masyarakat dengan total pengguna pada sepekan libur sekolah ini mencapai 16.701 pelanggan, selanjutnya Stasiun Ampera dengan 14.294 pelanggan dan Stasiun Asrama Haji 14.155 pelanggan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.