Bupati Bangka Barat Sampaikan Pembangunan Pelabuhan Tanjungular Sudah Mencapai 94 Persen
Bupati Bangka Barat Sukirman (kemeja putih) dan Wakil Bupati Bong Ming Ming (kaos hitam) meninjau pembangunan Pelabuhan Tanjungular (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kemajuan pembangunan Pelabuhan Tanjungular, Mentok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah sekitar 94 persen berdasarkan keterangan dari Bupati Sukirman. Proyek pembangunan pelabuhan tersebut sudah dimulai sejak 2021.

Bupati Bangka Barat mengatakan kemungkinan besar pelabuhan tersebut akan diuji coba pada akhir tahun ini dengan terlebih dahulu dilakukan beberapa tahap pengujian.

"Perkembangan pembangunan pelabuhan yang menggembirakan, kami berharap infrastruktur lainnya juga dapat segera selesai tepat waktu, sehingga dapat mulai operasional yang tentunya akan bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin.

Pembangunan Pelabuhan Tanjungular di Bangka Barat

Setelah beberapa tahap uji coba selesai, kata dia, pelabuhan tersebut kemudian diresmikan untuk melepaskan dari pihak pembangun, hingga nanti diserahterimakan sementara dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan dilanjutkan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat.

"Mengenai pengelolaan setelah di daerah, saat ini masih dinyatakan bersama," kata Bupati Sukirman.

Pembangunan Pelabuhan Tanjungular merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 169 Tahun 2019 tentang Penetapan lokasi pelabuhan laut pengumpan lokal Tanjungular, Kabupaten Bangka Barat, yang ditetapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 29 Agustus 2019.

Anggaran Pembangunan Pelabuhan Tanjungular Rp94 miliar

Dalam keputusan tersebut Pelabuhan Tanjungular akan dijadikan sebagai pelabuhan pengumpan lokal yang berfungsi melayani kegiatan angkutan laut dalam negeri dalam jumlah terbatas.

Pembangunan Pelabuhan Tanjungular pada awalnya dianggarkan Rp94 miliar, namun pada perjalanan pengerjaan mengalami penambahan menjadi Rp102 miliar.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.