Gagal Berangkat ke Mekkah, 27 Persen Jamaah Haji Bangka Belitung Tidak Memenuhi Syarat
Keberangkatan jamaah haji (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Ada sekitar 27 persen calon haji dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang gagal beragkat ke tanah suci Mekkah pada keberangkatan haji tahun 2022. Para jamaah yang tersebut tidak memenuhi syarat sebagai tuntutan haji yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sebanyak 260 calon haji asal Bangka Belitung yang tidak bisa berangkat ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 karena usianya sudah di atas 65 tahun, menurut data Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia menambahkan, jumlah warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masuk dalam daftar kuota haji tahun 2022 seluruhnya 964 orang dan 260 orang di antaranya berusia 65 tahun lebih.

"Calhaj di atas 65 tahun itu ada 27 persen, jadi artinya 27 persen itu tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tumiran Ganefo di Pangkalpinang, Selasa.

Batas Usia Jamaah Haji 2022

Usai melepas jamaah calon haji menuju ke Tanah Suci, ia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 Pemerintah Arab Saudi menerapkan batas usia 65 tahun bagi orang yang hendak menunaikan ibadah haji.

Dia berharap pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 batas usia tidak lagi diterapkan.

"Kita berdoa bersama mudah mudahan COVID-19 ini selesai dimuka bumi ini sehingga ibadah haji kembali normal," katanya.

Calon Haji Bangka Belitung Diberangktkan ke Embarkasi Palembang

Pada Selasa sebanyak 252 calon haji asal Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Bangka Barat diberangkatkan menuju ke daerah Embarkasi Palembang di Provinsi Sumatera Selatan.

"Kami berharap calhaj yang berangkat hari ini menjaga kesehatan, perbanyak minum air putih untuk menghindari kekurangan cairan, karena cuaca panas di Tanah Suci ekstrem," kata Tumiran.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.