Luapan Sungai Ogan Merusak Pompa Air PDAM OKU, Ribuan Pelanggan Alami Gangguan Suplai Air Bersih
Luapan Sungai Ogan di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Gangguan suplai air bersih dialami oleh ribuan pelanggan PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Gangguan air bersih terjadi akibat luapan Sungai Ogan yang merusak tiga ponton atau pompa air di Unit Pelayanan (UP) Tanjung Agung.

Asril, Kabag Teknik PDAM Tirta Raja OKU, mengatakan debit air Sungai Ogan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan tiga unit mesin ponton di UP Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat ambruk ke dasar sungai hingga rusak berat.

"Kerusakan pada tiga mesin pompa air terjadi sejak Minggu (26/6)," kata Asril di Baturaja, Senin.

Akibatnya ribuan pelanggan PDAM Tirta Raja mengalami gangguan suplai air bersih selama beberapa hari ke depan hingga perbaikan selesai dilakukan petugas di lapangan.

"Ada lebih dari seribu pelanggan yang tersebar di Kecamatan Baturaja Barat meliputi Desa Pusar, Tanjung Agung, Kelurahan Saung Naga, Desa Laya, Kebun Jati, Kebun Jeruk, Kelurahan Talang Jawa, dan sebagian Jalan Akmal Baturaja yang mengalami gangguan suplai air bersih," jelasnya.

Perbaikan PDAM Rusak di OKU 

Saat ini pihaknya sedang melakukan upaya perbaikan tiga mesin ponton yang rusak berat agar operasional distrubusi air bersih kembali normal.

Dalam melakukan perbaikan pihaknya menerjunkan belasan petugas PDAM dan dibantu warga mengingat kerusakan mesin ponton cukup parah.

"Diperkirakan perbaikan berlangsung selama 3-4 hari karena banyak alat yang rusak," jelasnya.

Masyarakat OKU Diminta Menghemat Penggunaan Air Bersih karena PDAM Rusak

Selama perbaikan, Asril mengimbau seluruh pelanggan khususnya di wilayah terdampak gangguan agar menghemat penggunaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Terkait gangguan karena faktor alam ini kami meminta maaf kepada pelanggan dan diharapkan dapat menggunakan air bersih secukupnya selama dilakukan perbaikan," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.