Pemkab OKU Selatan Minta Dukungan Pengembangan Pariwisata ke Kemenparekraf
Pemkab OKU minta dukungan pengembangan wisata ke Kemenparekraf (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Potensi wisata Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, dipromosikan oleh pemkab ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Tujuan dari promisi tersebut untuk memperoleh dukungan supaya pariwisata di wilayah tersebut semakin berkembang.

"Sebagai upaya mempromosikan potensi bidang pariwisata, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo melakukan audensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta pada Senin (23/5).

"Audensi tersebut kami lakukan untuk mengenalkan secara langsung berbagai potensi wisata yang ada di OKU Selatan kepada Kemenparekraf," kata Bupati Popo Ali Martopo dalam keterangan tertulis kepada pers di Muaradua ibu Kota Kabupaten OKU Selatan, Selasa.

Bupati menjelaskan berbagai potensi yang ada di daerahnya mulai dari letak geografis, topografi hingga suku-suku yang ada berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu ikon pariwisata Sumsel.

“Kabupaten OKU Selatan sebagian besar merupakan dataran tinggi yang membentuk bukit dan gunung dengan ketinggian tertinggi yaitu 1.888 MDPL,” ujarnya.

Potensi Wisata di Kabupaten OKU 

Menurut dia, saat ini banyak potensi pariwisata di Kabupaten OKU Selatan yang dapat dikembangkan seperti objek wisata Gunung Seminung, sejumlah air terjun hingga salah satu potensi pariwisata terbesar kedua di Sumatera yaitu Danau Ranau.

Danau Ranau sendiri menawarkan banyak potensi pariwisata mulai dari rafting, Pantai Bidadari, Pantai Pelangi, ikon wisata Danau Ranau, Air Terjun Subik Tuha, Varita Pusri, hingga pemandian air panas.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah even skala nasional juga sukses digelar di kawasan wisata Danau Ranau mulai dari Sriwijaya Ranau Gran Fondo, Jelajah Alam Serasan Seandanan (Trail adventure) hingga Ranau Off-road Adventure (ROAD).

Pemkab OKU Meminta Dukungan Pengembangan Wisata dari Kemeparekraf

Bupati Popo Ali mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf RI untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi ke depan agar pariwisata OKU Selatan semakin maju dan dikenal masyarakat luas.

"Ke depan, pemerintah daerah juga akan berupaya melakukan revitalisasi objek wisata yang ada di Danau Ranau seperti menambah fasilitas water sport, dan menyusun kalender even," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.