Jokowi Makan Malam Bersama Presiden Joe Biden, Angkat Gelas dan Jalin Kesepakatan
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Joe Biden di Gedung Putih Amerika Serikat || Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

PALEMBANG - Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri acara perjamuan santap malam dengan Presiden Joe Biden pada Kamis (12/5). Jokowi mendapat kehormatan membalas toast Presiden Amerika Serikat tersebut. Ia mengajak para pemimpin negara Asean bersulang untuk kemitraan mereka dengan AS.

Jokowi menyebut KTT Khusus Asean-Amerika Serikat adalah momentum tepat untuk memperkuat kemitraan sehingga tercapai kemitraan strategis komperhensif, dalam pernyataan pengantar toast.

Kemitraan strategis komperhensif adalah status kemitraan paling tinggi dan penting untuk dicapai saat situasi dunia dipenuhi ketidakpastian.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 13 Mei.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," imbuhnya.

Jamuan Makan Malam Jokowi dengan Joe Biden 

Adapun dalam kegiatan jamuan makan malam itu, Presiden Jokowi tiba di Gedung Putih sekitar pukul 17.20 waktu Amerika Serikat. Saat itu, eks Gubernur DKI Jakarta tersebut disambut langsung oleh Presiden Joe Biden dan mereka sempat bersalaman, berfoto, hingga menandatangani buku tamu kenegaraan.

Menlu Dampingi Presiden Jokowi Bertemu Joe Biden

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi bersama pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional.

Setelah jamuan santap malam selesai, Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.