Wamendag Resmikan Pasar Digital di Pangkalpinang, Dorong Pembayaran Nontunai Secara Aman
Wamendag RI resmikan pasar digital di Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI, meresmikan Pasar Digital yang berlokasi di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasar digital yang berlokasi di Pasar Rumput tersebut dibangun untuk mendongkrak transaksi nontunai secara aman di pasar.

"Kita berharap pasar digital tidak hanya di pasar ini tetapi juga di pasar-pasar lainnya di kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Babel," kata Jerry Sambuaga saat meresmikan Pasar Digital Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (SIAP) QR Code Indonesia Standard (QRIS) Pasar Rumput Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan aktivitas perdagangan ada di pasar dan pasar tentunya memiliki banyak kebutuhan, salah satunya adalah digitalisasi. Oleh karena itu, Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus mendigitalisasi pasar SIAP QRIS.

"Manfaat QRIS ini sangat besar, selain kurangnya kontak langsung (antara penjual dan pembeli) turut berkontribusi terhadap pengetatan penerapan protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.

Pembayaran dengan Sistem QRIS

Menurut dia transaksi sistem QRIS ini, pedagang dengan pembeli tidak perlu berdekatan fisik, karena pembayarannya cukup di scan di lapak-lapak pedagang dengan pembayaran yang cepat.

"Dalam waktu singkat transaksi pembelian barang selesai dan tidak ditampung oleh rekening pihak ke tiga," katanya.

Pedagang dan Pembeli di Pasar Diharapkan Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS

Ia berharap dengan pasar digital SIAP QRIS ini dapat memotivasi masyarakat dan pedagang untuk menggunakan sistem bayaran QRIS.

"Soal kembalian uang belanja yang kadang tidak tersedia ketika berbelanja secara tunai tidak akan ada lagi, karena sistem pembayaran QRIS langsung meng-input sesuai dengan nominal transaksi," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.