Gres! Jadwal Penukaran Uang Baru Bank Indonesia Menjelang Idulfitri 2022
Ilustrasi tumpukan uang (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Layanan penukaran uang dibuka oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru menjelang perayaan Idulfitri atau lebaran 2022. Aida S. Budiman, Deputi Gubernur BI, menyampaikan bahwa ada dua layanan yang kini diberikan oleh bank sentral.

Pertama, penukaran uang di perbankan, mulai 4 April sampai dengan 29 April 2022. Diungkapkan dia jika BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia. Angka ini bertambah 8 persen dari tahun lalu.

“Kedua, penukaran uang di mobil kas keliling BI, mulai 4 April 2022. Penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi. Guna menghindari kerumunan, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 4 April.

Tema Ramadan dan Idulfitri 2022

Menurut Aida, pihaknya mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah guna mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Hal ini tercermin juga dalam tema Ramadan maupun Idulfitri yang diusung tahun ini yakni "Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah”.

Sistem Pembayaran Tunai dan Nontunai

“Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H,” tutup Aida.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.