Pemprov Babel Bakal Kembangkan Empat Pelabuhan di Pulau Bangka, Percepat Pembangunan dan Ekonomi Daerah
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah empat pelabuhan penumpang dan bongkar muat di Pulau Bangka bakal dikembangkan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. Langkah ini dilakukan guna mempercepat pembangunan serta pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kami telah merampungkan nota kesepahaman pengembangan empat pelabuhan ini," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan empat pelabuhan yang akan mengembangkan sarana dan prasarana di Pulau Bangka yaitu Pelabuhan Muntok dan Tanjung Ular di Kabupaten Bangka Barat, Pelabuhan Belinyu di Kabupaten Bangka serta Pelabuhan Pangkalbalam di Kota Pangkalpinang.

"Hari Senin (18/4), saya minta semua pihak mengoreksi kesepakatan bersama ini, nanti akan kita lanjutkan dengan perjanjian kerja sama (PKS) pengembangan pelabuhan ini,".

Pengerukan Alur Pelabuhan untuk Mengatasi Sedimentasi

Ia menjelaskan ruang lingkup dari kesepakatan bersama ini adalah reklamasi dan pengembangan pelabuhan, pendalaman alur pelabuhan, normalisasi alir pelayaran dan sungai pertambangan, kemudahan pelayanan dan ketersediaan informasi investasi di transportasi dan lain sebagainya.

"Pengerukan alur pelabuhan ini sangat diperlukan untuk mengatasi sedimentasi akibat pertambangan yang berimbas pada bencana banjir," katanya.

Pengembangan Pelabuhan Muntok di Bangka Belitung

Ia menegaskan wilayah yang sudah dilakukan pendalaman alur, tidak boleh untuk di tambang lagi. Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming menyambut positif pengembangan Pelabuhan Muntok dan Tanjung Ular.

"Kami telah menyiapkan Pelabuhan Tanjung Ular untuk manenjadi pelabuhan internasional," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.