Merasa Gagal Menjadi Orang Tua? 5 Hal Ini Perlu Anda Diingat
Ilustrasi ibu menggendong anak (Josh Willink/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Menjalani hidup rumah tangga atau berkeluarga memang tidak ingin yang dibayangkan. Terlebih ketika Anda sudah menjadi orang tua. Mengemban tugas mendidik anak menjadi individu yang berhasil dalam hidup terkadang akan menemui hambatan. Lega dan bahagia saat anak meraih kesuksesan. Tapi saat buah hati terpuruk, sepertinya sulit untuk orang tua tidak menyalahkan diri sendiri, juga menganggap ia gagal menjadi orang tua. 

Perlu diingat dalam benak kalau Anda tidak gagal menjadi orang tua. Jatuh bangun memang akan terjadi dalam perjalanan mengasuh anak, namun penting untuk tidak melabeli diri sebagai orang tua yang gagal.

Merangkum Lifehack, Rabu, 29 Desember, di bawah ini adalah lima hal yang perlu diingat untuk menyemangati Anda ketika mulai merasa gagal sebagai orang tua.

Selalu ada harapan dalam setiap situasi

Putus asa adalah perasaan terburuk. ketika hilang harapan, berhenti berusaha merasakan jadi pilihan terbaik. Sebagai orang tua, teruslah berusaha karena anak-anak membutuhkan Anda. ketika menghadapi situasi yang membuat Anda merasa gagal, carilah harapan dalam situasi tersebut untuk cara pandang. Ini sangat membantu Anda membingkai ulang situasi dan memberi harapan untuk terus melakukan apa yang perlu dilakukan.

Tak selamanya hal bisa dilakukan

Anda sering merasa gagal sebagai orang tua karena tidak bisa melakukan segala hal. Misalnya, tak terampil membuat kue ulang tahun hingga sering melewatkan pertemuan orang tua di sekolah anak pada jam kerja. Tidak perlu khawatir karena Anda hanyalah manusia dan memiliki batasan.

Kekecewaan adalah bagian dari kehidupan

Saat Anda merasa tak bisa hadir untuk anak yang dibutuhkan, tentu rasa bersalah dan takut saat menghadapi si kecil, akan menghampiri. Ingatlah bahwa mengecewakan merupakan bagian dari kehidupan. Jujur pada anak terkait kondisi yang Anda alami adalah cara terbaik dalam melatih mereka mengatasi kekecewaan hidup.

Mengingat baik-baik saja

Saat merasa gagal, luangkan waktu untuk mengingat kembali semua kenangan indah Anda bersama si kecil. Ini dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit sebagai orang tua. Simpan album foto atau tulis dalam jurnal pribadi. Tulis tentang masa-masa indah yang Anda alami saat berlibur bersama anak. Buat tulisan tentang bangganya Anda atas upaya di sekolah dan festival mereka. 

Bisa juga memajang foto penuh kenangan bahagia di dinding rumah. menyampaikan kenangan akan membantu Anda dan anak fokus pada bagian terbaik masa kecil mereka dan aspek positif hubungan Anda.

Jaga dan perhatikan diri Anda

Mengasuh anak adalah kerja keras. Tak heran jika orang tua sering terbebani secara emosional, mental, dan fisik. Untuk itu, penting adanya menjaga diri sendiri sehingga Anda siap mengemban tugas berat menjadi orang tua.

Pastikan Anda cukup tidur, makan makanan sehat, berolahraga, dan mengalirkan emosi Anda. Jaga diri demi Anda, anak, dan orang-orang terkasih lainnya. Versi terbaik diri akan muncul ketika Anda merawat diri sendiri dengan baik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .