5 Jenis Humor yang Bisa Menyebabkan Gangguan Mental Anak, Jarang Disadari Orang Tua
Ilustrasi gangguan mental anak (Monstera/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Salah satu cara yang sering dilakukan untuk membangun hubungan intim dengan si kecil adalah melalui kata candaan. Tapi, tidak semua bercandaan bisa diterima anak, terutama jika hal tersebut berkaitan dengan fisik. Tak hanya terluka, anak juga bisa sakit mental jika candaan ini terus menerus dilontarkan. 

Melansir dari HerStory, Selasa, 12 Oktober, berikut bercandaan yang sebaiknya orang tua hindari demi kesehatan mental anak.

Menertawakan kesalahan anak

Adakalanya saat si kecil berbuat salah, tingkah mereka terkesan menggemaskan sehingga orang tua tak tahan untuk tertawa. Padahal, menertawakan kesalahan mereka adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan. Anak akan merasa kurang percaya diri serta gagal melakukan sesuatu.

Menyebutkan kekurangan fisik

Bercanda dengan menyebutkan kekurangan fisik anak juga dianggap kurang baik. Ini akan membunuh rasa percaya dirinya sendiri. Jangan sesekali memanggilnya dengan si hitam, si gendut, atau si kurus. Ingat, semua orang punya kekurangan tak terkecuali anak Anda. 

Menakuti dan mengancam

Jangan sampai jenis bercandaan ini terbesit di pikiran, ya. Memang melihat anak ketakutan dan panik bisa membangun mood orang tua. Tapi, hal ini punya efek panjang yang membuat si kecil jadi mudah khawatir, takut, dan cemas.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 5 Jenis Humor yang Dapat Memicu Gangguan Mental Anak. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.