Gubernur BabeL Minta KSOP Utamakan Bongkar Kapal Sembako Mencegah Lonjakkan Harga
Bongkar muat truk sembako di pelabuhan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, mengintruksikan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) agar lebih mengutamakan sandar dan bongkar kapal bermuatan sembako. Langkah ini dilakukan guna mencegah lonjakan harga sembako pada saat Natal dan Tahun Baru.

"Kapal-kapal bermuatan sembako harus diutamakan masuk ke pelabuhan agar stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat stabil," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa.

Distribusi Kebutuhan Pokok Menjadi Prioritas Utama Pelabuhan Bangka Belitung

Ia mengatakan memprioritaskan kapal-kapal bermuatan sembako ini penting, mengingat tingkat ketergantungan Babel pada berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging dan lainnya dari luar daerah yang tinggi.

"Saya minta KSOP tidak hanya memprioritaskan masuk kapal bermuatan sembako, tetapi juga truk pengangkut sembako di pelabuhan tersebut," katanya.

Menurut dia truk angkutan sembako ini harus diprioritaskan, agar distribusi berbagai kebutuhan pokok masyarakat berjalan dengan lancar.

"Saat ini stok sembako masih aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan Natal dan tahun baru ini," ujarnya.

Kunjungan Kapal Kargo di Pelabuhan Bangka Belitung

Kepala Sub Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Pangkalbalam Harlansyah mengatakan menjelang Natal dan tahun baru ini kunjungan kapal kargo berkisar enam hingga tujuh unit per hari atau masih normal seperti hari biasa.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan, karena hampir 85 persen berbagai kebutuhan masyarakat Pulau Bangka masuk melalui Pelabuhan Pangkalbalam ini," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.