5 Kalimat yang Perlu Diucapkan Kepada Anak Sebelum Tidur, Mampu Tingkatkan Kedekatan Emosional
Ilustrasi kata-kata sebelum tidur (Pexels/Ron Lach)

Bagikan:

PALEMBANG-  Orang tua perlu membangun hubungan emosional dengan buah hati. Anda bisa melakukannya melalui berbagai aktivitas. Salah satunya dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang diucapkan.

Meski hubungan antara orang tua dan anak tidak selalu menyenangkan, tetapi Anda perlu mencoba mengucapkan kalimat berikut.

“Apa yang menyenangkan hari ini?”

Dikutip dari laman Kids Spot Australia, Selasa, 19 Oktober, manfaat rasa syukur dibuktikan pada sejumlah penelitian. Orang-orang yang benar-benar menghargai hal-hal baik dalam hidup bahagia dan menemukan banyak hal yang disyukuri.

Penulis buku  What Your Child Needs From You,  Dr. Justin Coulson merekomendasikan kalimat “apa hal yang menyenangkan atau tidak menyenangkan kamu alami hari ini?” yang diucapkan orang tua kepada buah hati sebelum mereka tidur.

Dengan mengucapkan kalimat tersebut, anak bisa bercerita tentang aktivitasnya seharian tadi. Ia juga bisa mengidentifikasi bagaimana perasaannya serta hal-hal yang membuat bersyukur.

“Apa yang kamu nantikan?”

Profesor Martin Seligman dalam bukunya  The Optimistic Child 'merencanakan  pertanyaan "apakah yang kamu nantikan?" jika diucapkan kepada anak. Temuannya, kalimat ini bisa mengarahkan anak-anak menuju masa depan yang optimis.

Menurut Seligman, optimisme dan harapan bisa mencegah depresi dan membuat orang tua lebih senang karena menantikan peristiwa yang menarik dan positif.

“Adakah yang ingin kamu berdiri?”

Daftar pertanyaan ketiga ini membuka percakapan tentang pengalaman, emosi, ketakutan, penemuan anak yang diketahui oleh orang tua. Ini juga membuat anak serta orang tua bisa saling berbagi perasaan.

“Maafkan aku”

Mengucapkan kata maaf merupakan cara untuk perbaikan. Ini sama seperti ketika Anda membuat kesalahan pada orang lain. Jika sepanjang hari Anda sibuk dan hanya punya sedikit perhatian yang diberikan pada anak, maka beri tahu anak-anak bahwa Anda menyesal karena tidak berada disampingnya sepenuhnya.

Cara ini juga mengajarkan pada anak tentang kemanusiaan, kerendahan hati, kepemimpinan, dan menunjukkan kesediaan untuk membuat sesuatu lebih baik keesokan harinya.

"Aku cinta"

Kalimat terakhir yang perlu diucapkan ini bisa disertai dengan pelukan dan ciuman. Pernyataan ini diucapkan sepenuh hati, maknanya di atas segalanya. Ini juga menggambarkan bahwa Anda peduli dan merasa berharga.

Adakah rutinitas yang setiap hari Anda lakukan menjelang anak-anak terlelap?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .

 

 

Terkait