7 Penyebab Kelelahan Mental yang Jarang Disadari, Sesekali Perlu <i>Healing</i>
Ilustrasi penyebab kelelahan mental (Freepik/stefamerpik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kelelahan mental adalah perasaan sangat lelah yang ditandai dengan perasaan lain, seperti sikap apatis, sinis, dan lekas marah. Lelah secara mental dan emosional hanya berasal dari tekanan pikiran yang berlebihan. Seseorang yang mengalaminya, telah mengalami periode stres yang lama atau emosi yang intens. Apa saja penyebab kelelahan mental?

Kelelahan mental dapat memicu sistem saraf parasimpatik yang menyebabkan perasaan panik, cemas, dan khawatir. Gejalanya, seperti merasa sinisme, kosong, kurang bisa fokus, dan rasa putus asa. Untuk mengatasinya, kenali berikut hal yang bisa menyebabkan lelah secara mental.

1. Stres kronis

Ini adalah penyebab kelelahan mental yang paling sering dialami. Melansir BetterUp, Kamis, 22 Desember, Stres kronis membuat otak dan tubuh Anda waspada sepanjang waktu. Seiring waktu, ini mulai merusak kesejahteraan Anda. Selain itu, stres kronis juga menyebabkan kelelahan empati atau welas asih. Sehingga, seseorang yang mengalaminya sulit mengumpulkan respons emosional terhadap ketegangan terus-menerus.

penyebab kelelahan mental
Ilustrasi penyebab kelelahan mental (Freepik/stefamerpik)

2. Ketidakpastian

Respons stres manusia dirancang untuk bekerja secara efisien dalam menghadapi stres, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Respons ini dikenal dengan fight-or-flight yang kurang efektif dalam menanggapi ketidakpastian terus-menerus. Ketidakpastian ini, perlu berpijak pada realitas untuk mengubahnya lebih dipahami dan ditanggapi secara realistis. Kalau tidak, bisa memicu kelelahan mental.

3. Stres kerja

Stres di tempat kerja dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Hal ini dapat muncul dari ketidaksesuaian nilai, kesulitan mengelola tugas dan prioritas, atau risiko dan tuntutan pekerjaan yang terlalu tinggi. Dalam menjalani pekerjaan, seseorang memerlukan pemrosesan dan pemahaman terhadap informasi.

Karena tak mungkin meninggalkan pekerjaan, maka seseorang perlu mengatur waktu secara tepat. Kadang, dibutuhkan healing atau pergi melepaskan tekanan. Tak jarang, hanya membutuhkan sementara waktu untuk istirahat atau menikmati akhir pekan bersama keluarga.

4. Masalah keluarga

Beberapa hal membuat seseorang lebih stres, terutama ketika berkaitan dengan anggota keluarga. Misalnya, mengasuh anak-anak, ada kerabat yang sakit, atau menemani orang tua lanjut usia. Meskipun ini semua dapat menyebabkan lelah mental, tetapi perlu disadari sebagai tanggung jawab yang perlu dilunaskan. Sekalipun Anda sehat secara mental, tetapi tetap membutuhkan waktu jeda, misalnya dengan self-love, self-care, atau memperhatikan diri sendiri di tengah menyelesaikan tanggung jawab.

penyebab kelelahan mental
Ilustrasi penyebab kelelahan mental (Freepik/rawpixel.com)

5. Memiliki beberapa komitmen

Selain komitmen dalam bekerja dan komitmen dalam hubungan, seseorang memiliki keterikatan lain. Seperti menyeimbangkan priotitas yang satu dengan lainnya, menyelesaikan pekerjaan. Semua itu, kalau tidak diatur akan membuat Anda merasa tak pernah ‘libur’. Ini juga bisa menjadi penyebab kelelahan mental.

6. Stres emosional

Ada lusinan hal yang menyebabkan stres secara emosional. Perasaan, peristiwa, dan keadaan negatif yang terus-menerus dapat membuat Anda sulit untuk rileks. Stres emosional ini dapat dengan cepat menyebabkan kelelahan mental.

7. Perawatan diri yang buruk

Tanpa bahan bakar, Anda tidak akan bisa melakukan perjalanan jauh. Sedangkan perawatan diri, diibaratkan sebagai bahan bakar untuk menempuh perjalanan atau tujuan hidup Anda. Maka, jangan sampai terlewat untuk merawat diri dengan baik agar lebih tangguh menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Setelah mengetahui penyebab kelelahan mental di atas, apa rencana Anda untuk mengisi akhir pekan? Upayakan untuk menjalani aktivitas merilekskan. Atau Anda bisa menekuni hobi hingga bercengkerama dengan keluarga di rumah.