10 Hal Sehari-hari yang Dibicarakan oleh Pasangan Bahagia, Sudahkah Anda Lakukan?
Ilustrasi pasangan bahagia membicarakan hal bermakna (Pexels/Cottonbro)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu aktivitas yang menambahkan keintiman pasangan adalah mengobrol ringan berdua. Namun ada fakta menarik dari sebuah studi di Psychological Sciencestudy mengklaim bahwa orang lebih bahagia ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendiskusikan topik bermakna.

Berdasarkan studi di atas, komposisi obrolan pasangan bahagia 10 persennya adalah obrolan ringan. Tetapi studi tersebut tidak menyimpulkan apakah obrolan serius karena bahagia atau diskusi tersebut membuat bahagia.

Dilansir Your Tango, Jumat, 1 Oktober, pasangan-pasangan bahagia bisa membicarakan tentang rencana ke depan hingga preferensi politik dengan tanpa menjustifikasi. Apa saja lainnya? Berikut daftarnya.

  1. Momen yang memalukan

Menceritakan hal-hal, termasuk yang memalukan dan dialami pasangan merupakan cara untuk mengetahui siapa ia sebenarnya. Jangan enggan untuk menceritakan hal memalukan, sebab kepada siapa lagi Anda bisa bercerita tentang peristiwa yang tidak biasa.

  1. Membicarakan tentang politik

Mulai dari peraturan, undang-undang, hingga kapan pemilu bisa jadi obrolan yang ‘serius’. Tetapi bukan ‘kah hubungan yang sehat juga mendiskusikan latar belakang pemikiran dan agak sedikit filosofis?

  1. Rasa takut dan tidak aman

Bercerita tentang apa yang membuat takut dan tidak aman tujuannya agar saling memahami. Sesuatu hal yang membuat seseorang merasa rentan, misalnya masa lalu yang buruk, perlu dibagikan kepada pasangan supaya bisa saling mendukung kesehatan mental satu sama lain.

  1. Cerita tentang masa kecil

Tanyakan kepada pasangan Anda, seperti apa dia saat masih kecil. Apa mainan yang ia sukai hingga masa-masa sekolah. Kenangan masa kecil tidak hanya jadi obrolan segar dan menyenangkan, bisa juga memberikan wawasan tentang bagaimana pasangan Anda menjadi orang seperti saat ini.

  1. Meski agak sensitif, bercerita tentang mantan itu perlu

Pengalaman seseorang di masa lalu membentuk cara pandang saat ini. Termasuk pengalaman kisah cinta di masa lalu hingga menjalin hubungan yang lebih bijak. Banyak pasangan bahagia yang menganggap pengalaman dengan mantan dalah proses menemukan kehidupan baru dan pembelajaran.

6. Peristiwa paling mutakhir

Topik tentang peristiwa paling mutakhir bisa mengasikkan untuk diobrolkan bagi pasangan bahagia. karena jaman terus berkembang, tak ada salahnya memperbarui pengetahuan dan mengembangkan minat bersama pasangan.

7. Hubungan keluarga

Menceritakan kisah dan pohon keluarga dari setiap orang yang berpasangan tentu akan seru. Selain mengenal setiap keluarga dari pasangan, juga bisa mengenal tradisi keluarga.

8. Diskusi tentang film

Menurut dokter Mehl, peneliti di Psychological Sciencestudy, diskusi tentang film bisa jadi bermakna. Ia mengklasifikasikan obrolan mendalam mengenai tayangan televisi maupun film. Lebih dari mengobrolkan aktor terkemuka yang seksi, tetapi juga menyentuk plot cerita, karakter, hingga sinematografi.

9. Tentang masa depan

Masa depan bisa jadi diliputi ketidakpastian jika tidak ada obrolan bermakna tentang perencanaan, mimpi, tindakan, dan capaian masing-masing maupun bersama pasangan. Saling terbuka akan lebih mudah mengukur dan memposisikan diri.

10. Berbagi aspirasi

Berbagi aspirasi merupakan satu bentuk dukungan pada pasangan untuk mencapai mimpinya. Dengan tanpa menjatuhkan, setiap pasangan bisa saling menggenapi kekurangan.

Adakah dalam daftar di atas yang menjadi topik pembicaraan Anda dan pasangan ketika berduaan?

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Pasangan yang Bahagia Membicarakan 10 Hal Ini dalam Kehidupan Sehari-hari. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Susmel.