5 Tips bagi Anda yang Menjalani Work from Home Supaya Tidak Stres
Ilustrasi WFH (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Semenjak terjadinya pandemi COVID-19, banyak kantor atau intansi yang mulai menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From. Dengan diberlakukannya WFH, angka penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

Namun ternyata tak jarang selama WFH ada orang-orang yang terbiasa dengan mobilitas tinggi merasa stres. Bahkan beberapa di antaranya memutuskan untuk menghubungi psikolog untuk memerangi stres berlebih yang mereka rasakan.

Jika Anda merasa stres saat ini, keadaan itu masih bisa disebut keadaan yang normal. Bahkan ada sebuah studi yang mengatakan dalam keadaan normal, stres bisa berdampak positif sebagai contoh dapat membantu Anda bekerja lebih cepat dari biasanya dan memunculkan berbagai ide kreatif.

Tapi, stres berlebih yang dialami berkepanjangan juga bisa berdampak negatif bagi tubuh. Misalnya memunculkan gejala psikomatis seperti sakit kepala, insomnia dan masih banyak lagi. Nah, agar stres dapat terkelola dengan baik Anda bisa lakukan 5 tips mudah ini untuk mengatasi stres berlebih selama WFH.

Mulai dengan latihan meditasi

Meditasi adalah salah satu latihan pernapasan yang dapat membuat pikiran lebih jernih sehingga terhindar dari stres. Anda bisa mencoba melakukan meditasi dengan bantuan dari video tutorial meditasi di internet setiap hari selama 10-15 menit untuk membuat pikiran lebih tenang sehingga terhindar dari stres berlebih.

Rutin berolahraga

Salah satu cara mengelola stres ternyata dengan berolahraga secara rutin. Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga terbukti dapat melepas rasa stres.

Hal ini disebabkan karena olahraga dapat membuat otot-otot yang ada pada tubuh lebih rileks dan juga mengalihkan pikiran Anda jadi lebih tenang. Untuk Anda yang jarang berolahraga, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga sederhana selama 10-15 menit sehari untuk mengurangi rasa stres berlebih.

Bercerita dengan sahabat

Tidak menutup kemungkinan sumber stres yang Anda alami karena memendam masalah terlalu sering. Oleh karena itu, hal yang terbaik dilakukan untuk menghindari diri dari stres berlebih adalah menceritakan permasalahan yang Anda alami kepada sahabatmu.

Misalnya Anda merasa stres akibat pekerjaan yang terlalu padat, ada baiknya Anda bercerita dengan teman kerja terdekat atau atasan untuk mencari solusi bersama. Tentunya selain mendapatkan solusi, Anda juga tidak akan merasa stres berlebih, kan?

Bersantai dan lakukan self-care

Merawat diri ternyata bisa menghindarkan diri Anda dari rasa stres! Lakukan perawatan diri seperti menggunakan skincare, luluran atau creambath di rumah untuk memberikan rasa rileks saat merasa stres. 

Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut menggunakan bahan-bahan DIY yang Anda buat sendiri, misalnya masker dari bengkoang, creambath dengan tanaman lidah buaya dan masih banyak lagi.

Bercerita di Journal

Journaling menjadi salah satu metode mengatasi stres yang banyak disarankan oleh para psikolog saat ini. Journaling sendiri adalah kegiatan menuliskan kegiatan atau perasaan kita selama satu hari beraktivitas.

Kegiatan ini disebut bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya stres berlebih. Journaling adalah salah satu kegiatan mengekspresikan diri tanpa takut dihakimi orang lain sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental dan terhindar dari rasa stres.

Kalau Anda mau memulai journaling untuk menghindari diri dari rasa stres, mulailah untuk menjabarkan perasaan yang Anda rasakan, kemudian trigger utama Anda merasakan hal tersebut dan cara mengatasi rasa yang tidak nyaman tersebut.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Agar Tidak Stres Selama Work From Home. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.