Tips Perawatan di Rumah untuk Memperbaiki Tekstur Kulit Kering, Tanpa Perlu ke Klinik
Ilustrasi perawatan wajah (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kulit kering menjadi masalah yang dialami oleh bayang orang. Penyebab kulit kering ada banyak. Mulai dari perubahan cuaca, bertambahnya usia, paparan sinar matahari, hingga paparan AC di ruangan. Banyak orang memilih melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk mengatasi kulit kering. Padahal, dengan bahan-bahan sederhana yang sering Anda jumpai setiap hari juga bisa digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit kering. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit kering pada wajah sehingga kembali lembut, lembap, dan sehat? Mari simak informasinya berikut ini, melansir Medical News Today, Kamis, 30 Juni.

minyak biji bunga matahari

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa minyak biji bunga matahari mampu meningkatkan hidrasi ketika digunakan sebagai pelembab. Namun, tidak semua minyak alami dapat digunakan sebagai wajah wajah. Seperti minyak zaitun misalnya. Sering digunakan dapat merusak skin barrier. 

minyak kelapa

Minyak alam lain yang bekerja dengan baik untuk merawat kulit kering adalah minyak kelapa. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa minyak kelapa sama aman dan efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering. Minyak secara signifikan mampu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Dalam penelitian 2016, minyak kelapa yang mengandung asam lemak jenuh memiliki sifat emolien. Emolien adalah lemak atau minyak yang berfungsi sebagai pelengkap yang mengisi celah di kulit kering sehingga menjadikan kulit halus.

madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu bermanfaat sebagai pelembab dan antiinflamasi. Anda bisa langsung mengoleskan madu ke wajah untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Petroleum jelly

Petroleum jelly telah digunakan sebagai pelembab selama bertahun-tahun. Pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa kerusakan skin barrier pada orang tua membaik setelah mereka menggunakan petroleum jelly. Temuan ini mendukung penggunaan petroleum jelly untuk merawat kulit kering, terutama yang disebabkan oleh penuaan.

Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan kulit kering. Jika kaki dan kulit Anda kering, oleskan gel lidah buaya secukupnya pada bagian tubuh yang kering. Lalu gunakan kaus kaki atau sarung tangan untuk menutupinya. Diamkan semalaman dan Anda akan merasakan perubahan pada kulit Anda keesokan harinya.

Itulah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kulit lembab dan terhidrasi. Anda bisa memilih bahan yang dirasa paling mudah didapat. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.