Kapan Waktu yang Tepat Bercinta Pasca Melahirkan? Jangan Buru-buru dan Ketahui Alasannya
Ilustrasi hubungan intim (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kondisi istri yang melahirkan dan melahirkan harapan yang dinantikan oleh pasangan yang baru saja menikah . Ketika sudah lahir, rasanya ada salah satu kebahagiaan yang dirasakan. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa melahirkan juga membuat kelelahan.

Setelah melahirkan, para istri biasanya membutuhkan banyak istirahat selain fokus mengurus anak. Dengan begitu, biasa suami pun luput dari perhatiannya. Hal yang kurang terpenuhi ketika istri melahirkan adalah melampiaskan hasrat biologis dengan berhubungan suami istri.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan?

Menunggu Waktu Persalinan Pulih

Baik persalinan pervaginam atau pun operasi, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Secara umum, tidak ada periode 'tanpa seks' yang pasti, meskipun beberapa ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya empat hingga enam minggu setelah melahirkan. 

Dalam kasus persalinan pervaginam, waktu empat hingga enam minggu mendukung penutupan dan luka episiotomi atau robekan sembuh. Sementara dalam kasus operasi caesar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang kapan seks aman setelah operasi. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter ketika menjalani pemeriksaan bayi enam minggu setelah lahir.

Membicarakan dengan Pasangan Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengandung

Setelah semuanya jelas dari penjelasan dokter, penting untuk menunggu sampai istri dan suami merasa nyaman. Jika istri atau suami belum siap, mungkin ada gunanya berbicara dengan pasangan dan mencari cara lain untuk membangun kembali koneksi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .