Cara Menangani Sinusitis, Berikut Saran dari Dokter Spesialis THT
Ilustrasi sakit sinusitis (Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Sinusitis merupakan jenis gejala yang dialami oleh banyak orang. Sinusitis membuat penderitanya merasa sakit dan tidak nyaman. Sinusitis merupakan masalah kesehatan berupa peradangan yang terjadi di hidung, yang menyebabkan hidung tersumbat.

Hemastia Manuhara, Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT), yang tergabung dalam Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) menyampaikan langkah penanganan sinusitis yang tepat saat berada di rumah.

BACA JUGA:


Beberapa langkah yang ia sarankan, yakni dengan mengonsumsi obat ringan, serta menyuplai asupan vitamin dan mineral.

“Jika baru merasakan gejala awal, ada baiknya penanganan awal dengan pemberian obat dekongestan. Sekitar 10 hari sampai gejalanya hilang,” tutur Hemastia melalui seminar daring, melansir dari Antara.

Cara Menyembuhkan Sinusitis

Pemberian obat dekongestan sebagai obat pereda peradangan dapat menangani hidung tersumbat karean sinusitis, misalnya seperti obat flu dengan kandungan pseudoefedrin.

Selain itu, bagi orang yang mengalami gejala awal sinusitis berupa nyeri pada bagian wajah dan mengalami sumbatan di hidung disarankan juga mengonsumsi paracetamol.

“Meski tidak mengalami demam, dengan meminum Paracetamol dapat meringankan nyeri di bagian wajah karena mengandung anti nyeri,” ujar Hemastia.

Selanjutnya, ia menyarankan untuk penderita dengan gejala awal sinusitis menjaga daya tahan tubuh dengan minum vitamin C dan juga Zinc.

Kedua kandungan vitamin dan mineral itu diketahui dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh penderita sinusitis adalah dengan rutin mencuci hidung.

“Ini yang paling penting, setidaknya dilakukan tiga kali satu hari untuk menghilangkan sumbatan- sumbatan yang ada di rongga hidung,” ujar dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Hermina Tangerang itu.

Gejala-gejala Penderita Sinusitis

Sinusitis memeiliki gejala-gejala tertentu, salah satunya hidung tersumbat yang membuat pernafasan tidak lancar. Selain itu, ingus penderita sinusitis akan berwarna kuning atau kehijauan.

Gelaja lainnya adalah penderita mengalami batuk di pagi atau malam hari. Lalu nyeri di bagian wajah juga menjadi tanda-tanda sinusitis yang perlu diwaspadai.

“Sinusitis terdiri dari dua jenis ada yang akut dan kronis, jika tidak bisa disembuhkan dengan penanganan awal maka segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut,” kata Hemastia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.

Terkait