5 Tanaman Epifit yang Dapat Tumbuh di Pohon Tanpa Menjadi Parasit, Bersifat Segar dan Terlihat Cantik
Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Bagikan:

Sejumlah tanaman yang tumbuh dipohon, tanpa bersifat parasit, disebut sebagai tumbuhan epifit. Paling populer yang Anda kenal ialah anggrek. Apakah Anda tertarik untuk menghias pohon di sekitar rumah yang sudah meninggi hingga lima kaki? Berikut rekomendasi tanaman epifit yang segar dan cantik.

1. Pakis sarang burung

Pakis sarang burung atau dengan nama Latin Asplenium nidus dapat tumbuh di area yang cukup terang. Tetapi tanaman ini tak bisa jika terpapar cahaya terik matahari secara langsung. Jenis tanaman abadi ini, berasal dari beberapa kawasan. Di antaranya Hawaii, Australia, Afrika Timur, dan Asia Tenggara.

Ada banyak jenis pakis epifit, tetapi yang paling mencolok secara visual ialah pakis sarang burung. Mereka cenderung tumbuh pada batang dan cabang pohon dekat pangkal pohon. Pola pertumbuhannya merumbai sehingga disebut sebagai ‘sarang burung’.

2. Kaktus natal

Nama ilmiahnya Schlumbergera x buckleyi yang berasal dari Anerika selatan. Meskipun jenis kaktus, tetapi kaktus natal tak bisa langsung terpapar cahaya terik matahari. Tanaman ini tumbuh sebagai apifit dan berbunga ketika warna daunnya mulai memudar. Warna bunganya antara lain merah muda, ungu, dan putih.

3. Anggrek crispum

Anggrek varietas crispum atau dengan nama ilmiah Odontoglossum crispum dapat tumbuh di kawasan dengan iklim tropis dan subtropics. Bisa tumbuh di cahaya teduh, sehingga bisa menghias pohon Anda di bawah naungan daun-daunnya yang lebat. Namun, kekurangan dari anggrek crispum ialah tanaman yang membutuhkan banyak ruang. Tetapi tak rugi, karena biasanya bunga berwarna merah muda pucat atau putih dengan bintik-bintik cokelat dalam menghias halaman.

4. Bunga flamingo

Masuk dalam famili Anthurium sp., tanaman bunga flamingo berasal dari hutan hujan tropis di Amerika tengah dan selatan. Warna daunnya unik, hijau tua dan berlilin. Sedangkan bunganya berbentuk unik yang disebut spanthes. Melansir All About Gardening, Selasa, 26 Juli, tanaman bunga flamingo baiknya ditanam di tanah jika diletakkan di dalam ruangan.

5. Mistletoe

Berbeda dengan rekomendasi tanaman sebelumnya, tumbuhan mistletoe bersifat semi-parasit dari subfamili Viscaceae. Nama ilmiahnya Pharpdendron spp. yang berasal dari kawasan Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Menariknya, tanaman benalu ini memiliki warna bunga yang mencolok.

Itulah rekomendasi lima tanaman yang bisa menghias pohon di sekitar rumah. Anda bisa memilihnya berdasarkan kemudahan perawatan atau keceriaan warna yang dapat membangun suasana rumah.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.