10 Tanaman yang Populer untuk Bonsai, Tertarik Memilikinya?
Ilustrasi jenis tanaman bonsai (Pexels/David Yu)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu hobi yang mamiliki banyak manfaat luar biasa adalah merawat tanaman. Apalagi bilan tanaman yang kita rawat bisa hidup dalam waktu puluhan tahun seperti bonsai. Tanaman bonsai diklaim sebagai tumbuhan yang dapat menumbuhkan kesabaran.

Bagaimana tidak, dalam proses menciptakan saja setidaknya akan terlihat hasilnya 3 hingga 5 tahun. Tanaman bonsai berasal dari Jepang dengan proses kultivasi atau pengerdilan.

Prosesnya perlu dilakukan secara kalkulatif atau penuh perhitungan. Bahkan perencanaan membentuk cabang pun perlu matang-matang.

Apakah Anda tertarik untuk merawat atau membuat bonsai di rumah? Ini daftar rekomendasi tanaman yang populer untuk bonsai.

1. Bonsai serut

Jenis tanaman serut yang dikenal juga dengan Sandpaper  tree  dan masuk dalam famili  Moraceae  atau nangka-nangkan. Nama latin tanaman dengan daun kecil-kecil ini adalah  Streblus asper Lour .

Aslinya, tanaman ini bisa tumbuh 4 – 15 meter. Tetapi karena jadi tanaman bonsai, dahannya kokoh dan tumbuh kecil.

2. Bonsai ficus atau beringin

Tanaman jenis beringai atau dengan  Ficus benjamina  paling sering dikenal sebagai tanaman bonsai. Yang unik dari tanaman bonsai jenis beringin adalah akar-akar pohon bikin terlihat lebih indah dan kokoh.

3. Bonsai juniper

Tanaman juniper jenis apapun, termasuk juniper berry, cocok sekali untuk tanaman hias bonsai. Tetapi karena tanaman ini suka di dalam ruangan, Anda tidak bisa meletakkannya di teras maupun di luar ruangan yang mendapatkan cahaya dan tanah tetap kering.

Daun juniper kecil-kecil, seperti cemara maupun pinus. Artinya, untuk tanaman bonsai akan terlihat indah dan mewah.

4. Bonsai kelapa

Uniknya, bonsai kelapa berbentuk buah kelapa dan akar sebagai tumpuan tanaman. Tumbuh vertikal dengan beberapa daun lebih kecil jika dibandingkan pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Untuk membuatnya, bisa mulai dari membenihkan buah kelapa dan meletakkannya di tempat lembab.

Selain itu, merawatnya juga membutuhkan pengetahuan dan ketelitian agar tidak kekurangan gizi dan tumbuh cantik.

5. Bonsai maple

Jenis tanaman maple umumnya memiliki warna daun kemerahan, mulai dari oranye kemerahan hingga merah fanta. Pada musim tertentu, tanaman ini akan berubah warna dainnya.

Bonsai maple butuh banyak air untuk tumbuh subur, maka paling tepat meletakkannya di dekat sumber air seperti tepian kolam maupun air mancur di taman rumah.

6. Bonsai ficus ginseng

Seperti pohon ficus lainnya, ficus ginseng merupakan tanaman yang sangat mudah beradaptasi. Jika diletakkan di dalam ruangan, bonsai ficus ginseng bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini menyukai iklim hangat dan mendapatkan cahaya cukup tetapi tidak langsung terpapar matahari.

7. Bonsai cedar

Bagi penggemar bonsai, pohon cedar digemari karena memiliki tekstur unik pada kulit pohonnya. Kulit pohonnya kasar dan daunnya lancip bergerumbul seperti jarum.

Tanaman cedar ada empat spesies, antara lain Lebanon, cedar Siprus, Himalayan cedar, dan Atlas cedar. Keempat spesies tersebut umumnya dipakai untuk bonsai.

8. Bonsai azalea

Jenis tumbuhan semak seperti tanaman azalea ini pada saat berbunga terlihat lebih indah. Meski tanpa berbunga tanaman bonsai memiliki keindahan tersendiri. Warna daunnya hijau muda, sehingga terlihat unik.

9. Bonsai bougenville

Karena tanaman bougenville tergolong tumbuhan berkambium, maka sangat memungkinkan jadi tanaman bonsai. Bougenville masuk dalam kelas tumbuhan  Magnoliopsida  dan spesies  Bougainvillea sp..

Dari total 14 spesies, 8 diantaranya ada di Indonesia. Artinya dapat memilih berbagai warna-warni bunga, mulai dari merah muda, putih, magenta, dan kuning.

10. Bonsai anggur

Daun anggur punya tekstur dan bentuk unik, belum lagi jika berbuah. Tanaman anggur bisa jadi bonsai karena tanaman ini punya daya adaptasi tinggi. Mampu menampilkan maahari dan bertahan hidup saat musim kemarau.

Mana jenis tanaman yang populer untuk bonsai dan paling Anda minati?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .