Kenali 5 Jenis Tanaman dari Kebun dan Prinsipnya Jika Dipakai untuk <i>Garnish</i>
Ilustrasi tanaman edible untuk garnish (Unsplash/Monstruo Estudio)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman yang edible merupakan satu prinsip penting garnish. Garnish sendiri dikenal sebagai bahan tambahan untuk dekorasi, sekaligus variasi untuk memperkaya rasa hidangan. Garnish dipilih tidak hanya mempercantik platting tetapi juga memberikan tambahan rasa yang selaras maupun kontras.

Namun perlu dipahami bahwa garnish bukan bumbu. Berdasarkan asal kata, garnish berasal dari bahasa Prancis garni yang berarti ‘dihiasi’. Beberapa tanaman yang bisa ditanam di kebun, bisa dipakai untuk garnish. Apa saja tanaman tersebut? Berikut daftarnya.

1. Thyme

Thyme bisa ditanam di dalam rumah dalam pot. Terdapat juga thyme kering yang bisa dibeli di supermarket. Apabila Anda menanamnya di rumah, dlansir Country Living, Selasa, 16 November, letakkan di tempat yang terkena matahari supaya tumbuh lebat. Jika suhu cenderung dingin, thyme tumbuh lebih lambat meski tetap bisa dipanen sepanjang waktu.

2. Lavender

Bunga yang satu ini bisa dipakai berbagai macam hidangan. Disamping untuk teh dan diolah menjadi minyak esensial, bunga lavender bisa dimakan dan mempercantik visual hidangan Anda.

Jika menanam lavender di kebun, disarankan ditanam di tanah tanpa pot. Pas jika diletakkan di tempat yang sejuk tetapi terpapar matahari pagi dan sore.

3. Rosemary

Tumbuh seperti semak, rosemary bisa untuk garnish makanan termasuk steak maupun minuman segar. Tanaman ini memiliki aroma harum, tempatnya tumbuh akan subur diletakkan di tempat sejuk namun tetap terkena cahaya pagi dan sore.

4. Mint

Terdapat sejumlah varietas tanaman mint. Mint untuk teh menebarkan sensasi segar sedangkan yang berwarna lebih tua memiliki rasa yang agak getir. Biasanya, mint dipakai untuk menghias makanan penutup misalnya kue dan cake.

5. Stroberi

Tanaman gantung untuk hiasan bisa memilih stroberi. Selain pertumbuhannya yang cantik, stroberi juga lebih tahan dari serangan siput jika diletakkan berjarak dengan tanah. Supaya buahnya berkembang, membesar, dan terasa manis segar, stroberi perlu rutin dirawat. Misalnya diberikan vitamin tanaman dan pupuk yang mempercepat proses pembuahan.

Untuk garnish, stroberi bisa menghias piring berisi pie keju, kue bolu, bahkan bisa juga untuk minuman segar.

Nah, jika memiliki tanaman selain 5 di atas, Anda bisa mengenali bisa tidaknya dipakai garnish berdasarkan prinsipnya. Prinsip pertama telah dijelaskan pada pembuka, yaitu bersifat edible atau bisa dimakan.

Prinsip lainnya, punya tekstur yang simple supaya tidak terlihat menumpuk. Tetapi perlu memiliki warna yang menyolok. Sebelum memilih bahan untuk garnish, Anda juga perlu menyesuaikan dengan hidangannya. Ditambah lagi, pastikan bersih dan segar supaya bisa tidak mengganggu visual.