Daun Kelor Dapat Membantu Menyehatkan Liver, Penelitian Telah Membuktikan
Ilustrasi daun kelor untuk kesehatan liver (Unsplash/Adrian Dale)

Bagikan:

PALEMBANG- Apakah Anda tahu bahwa tumbuhan kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Badan dengan nama ilmiah  Moringa oleifera telah di uktikan secara medis dan uji klinis.

Dalam sebuah penelitian, daun kelor membantu menyehatkan hati. Nah , berdasarkan kajian ilmiah, berikut fakta-fakta mengapa daun kelor baik untuk hati dan kesehatan secara menyeluruh.

Kaya antioksidan

Dalam daun kelor mengandung beberapa jenis nutrisi dan vitamin, antara lain protein (2 gram), vitamin B6 (19 persen dari AKG), vitamin C (12 persen dari AKG), zat besi (11 persen dari AKG), riboflavin atau vitamin B2 ( 11 persen dari RDA), vitamin A (9 persen dari RDA), dan magnesium (8 persen dari RDA).

Stres yang disebabkan oleh radikal bebas tingkat tinggi dan berkaitan dengan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2. Penyakit oksidatif ini dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan, daun kelor. Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam  Worl Journal of Gastrointestinal Pharmacology and Therapeutics  bertajuk  Antioksidan In Liver Health ,  antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan hati.

Hati merupakan organ yang bertugas sebagai detoksifikasi utama tubuh dan mempertahankan suhu tubuh. Antioksidan, penting dalam mengoptimalkan peran liver, yaitu menjaga keseimbangan oksidatif/antioksidatif. Karena kalau terganggu atau mengalami stress oksidatif, menyebabkan penyakit hati dan kerusakan pada liver.

Bersifat anti-inflamasi

Pada studi yang lebih lama, dilakukan tahun 2002 yang dipublikasikan di  National Library of Medicine , membuktikan bahwa daun kelor merupakan agen anti inflamasi. Inflamasi secara esensial adalah akar dari penyakit kronis, termasuk penyakit liver.

Hati bertanggung jawab untuk metabolisme glukosa dan produksi empedu. Keduanya bertugas menjaga sistem pencernaan berjalan dengan baik. Ketika sehari-hari banyak konsumsi gula dan lemak tidak sehat, bisa mengganggu kesehatan hati. Daun kelor, bisa membantu mengurangi peradangan baik di liver atau organ lain sehingga lebih efisien menjalankan pekerjaannya.

Berpotensi menyeimbangkan enzim hati

Daun kelor membantu memulihkan enzim liver, ini dibuktikan dalam penelitian pada tahun 2010 oleh Alaaedin Al Hamza dari Departement of Biology, UAE University. Liver bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme lemak, dan pemrosesan nutrisi secara keseluruhan. Semua hanya akan berjalan optimal ketika enzim liver seimbang diproduksi.

Itulah ketiga penelitian yang berkaitan dengan daun kelor dan manfaatnya dalam menjaga kesehatan hati atau liver. Sebagai langkah antisipasi penyakit liver, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk daun yang diolah maupun serbuk daun dalam kapsul. Tetapi, apabila memiliki kondisi tertentu atau faktor lain yang mempengaruhi kesehatan Anda, konsultasikan kepada dokter penyakit dalam atau ahli medis lainnya.

terus Ikuti berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.