9 Kuliner Khas NTB yang Perlu Anda Cicip! Ngga Cuma Ayam Taliwang
Ilustrasi makanan khas NTB yang jarang diketahui dn wjib dicoba (Sumber: majelisadatsasak.org)

Bagikan:

PALEMBANG- Ketika ditanya mengenai kuliner khas dari daerah Nusa Tenggara Barat, pasti anda akan langsung langsung memutar ayam taliwang. Padahal tidak hanya itu, masih banyak makanan khas NTB yang wajib dicoba, daftar makanan ini juga jarang diketahui.

Berdasarkan citarasa, masakan NTB memiliki keunikan. Meskipun sama-sama memanfaatkan hasil bumi sekitar, cara mengolahnya juga khas. Nah , karakteristik makanan Nusa Tenggara Barat banyak yang memiliki rasa pedas. Beberapa di antaranya terasa segar dan penuh bumbu rempah. Makanan khas NTB yang wajib Anda cicipi adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:


  1. Nasi Balap Puyung

Jika Anda suka dengan sarapan nasi kuning, nasi balap puyung bisa jadi alternatif menu makanan pembuka hari. Nasi balap puyung tidak berwarna kuning, nasi berwarna putih. Disajikan hangat. Uniknya, dalam menyajikan berbentuk kerucut dan diatasnya diberi lauk-pauk yang tak sedikit. Lauknya berupa sambal daging, keripik kentang, dan kedelai goreng.

Tekstur lauknya memang beragam, namun jangan salah. Banyak tekstur berarti kaya akan rasa. Makanan ini juga menggunakan bumbu khas suku Sasak.

  1. Kelaq Kelor

Daun kelor dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Di NTB, daun kelor yang kerap diolah menjadi  kelaq . Kelaq merupakan olahan masakan berkuah, sedangkan  kelaq kelor  merupakan sayur bening berbahan utama daun kelor. Secara tampilan cukup sederhana, berwarna hijau segar bertabur bawang serta ebi udang.

3. Kelaq Lebui

Kedelai hitam merupakan hasil pertanian masyarakat sekitar. Kedelai ini juga mengandung protein nabati. Umumnya, berwarna gelap ini diolah menjadi makanan khas NTB yaitu  kelaq lebui. Seperti  kelaq kelor, kelaq lebui juga masakan  berkuah. Selain rasa pedas, karakteristik makanan NTB adalah tegas dengan rasa asam. Termasuk  kelaq lebui  yang merupakan sayur kedelai hitam bermandikan kuah bumbu asam.

4. Kelaq Sebei

Masih dengan makanan khas yang berkuah,  kelaq sebei  berbahan ikan tongkol yang diperkaya dengan kacang panjang dan terong. Mirip dengan sayur lodeh,  kelaq sebei  juga memiliki rasa pedas, asam, dan gurih.

5. Kelaq Batih

Bedanya dengan  kelaq  sebelumnya,  kelaq batih  berbahan daun singkong muda dan biji buncis yang sudah tua. Lebih unik lagi, makanan segar ini berbumbu  ragi beleq. Ragi beleq  merupakan campuran dari ketumbar, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cengkeh, terasi, garam, dan merica. Bisa dibilang dengan komposisi komplit yang bisa dibeli bumbunya di toko oleh-oleh khas NTB.

6. Poteng Jaje Tujak

Mengutip laman Dinas Pariwisata Provinsi NTB,  poteng jaje tujak  adalah makanan sejenis tape yang bercitarasa manis. Biasanya, camilan ini disajikan saat lebaran. Nama diambil dari bahasa Sasak,  jaje  yang berarti 'jajan' dan  tujak  artinya 'ditumbuk'. Sedangkan  poteng adalah  sebutan untuk makanan sejenis tape.

7. Bubur Palopo

Dalam bahasa Sumbawa,  bubur palopo  merupakan olahan makanan manis berkuah susu kerbau. susu kerbau santan kelapa, sehingga gurihnya lebih terasa. Bahan utama dari bubur ini adalah gula merah dan air rebusan terong kuning.

8. Beberuk Terong

Apakah Anda penyuka makanan pedas, segar, asam berpadu menjadi satu? Artinya wajib  icip beberuk terong  yang pas menjadi hidangan pendamping ayam taliwang. Rasa segar dan asamnya dari tomat yang ditumbuh kasar. Bahan sayurnya dari terong gelatik yang dipotong kotak-kotak dan kacang panjang dicacah.

9. Rarit

Makanan khas NTB yang jarang diketahui ini, berbahan daging sapi. Setelah diolah dan dibumbui dengan rempah, daging sedikit dikeringkan. Setelah itu dicincang dan disajikan. Kuliner yang mirip dengan empal ini, dikenal sebagai makanan khas Sumbawa.

Itulah 9 makanan khas NTB yang wajib dicoba tetapi jarang diketahui. Dari daftar di atas, mana yang paling kamu suka?

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait