5 Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering agar Bisa Tampil Percaya Diri
Ilustrasi kulit kering (Fizkes/Istockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Kulit jadi mudah pecah dan terkelupas jika kulit wajah dalam kondisi kering. Penggunaan make up juga bisa bermasalah jika kulit kering

Tentu dibutuhkan skin preparation yang baik untuk menghidrasi kulit wajah Anda sebelum penggunaan makeup. Sebab jika wajah belum terhidrasi dengan baik, makeup tidak akan menempel dengan sempurna di wajah Anda.

Makeup akan mudah crack dan tidak tahan lama. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat mengatasi permasalahan kulit kering Anda dengan beberapa tips di bawah ini, melansir Medical News Today, Selasa, 28 Juni.

Gunakan Moisturizer

Moisturizer atau pelembab berfungsi menjaga skin barrier kulit. Sehingga, dengan pengaplikasian moisturizer secara rutin, kelembaban kulit dapat terjaga dan kulit kering pun bisa teratasi.

Penggunaan pelembab wajah di malam hari dapat memberikan manfaat ekstra. Anda dapat mengoleskan krim pelembab wajah pada malam hari sebelum tidur. Kemudian, bilas wajah keesokan harinya dengan facial wash lembut di pagi hari.

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Sabun dengan kandungan pewangi, pewarna, dan bahan kimia lainnya dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Untuk menghindari kulit kering, sebaiknya pilih pembersih atau sabun wajah yang ringan dan bebas pewangi. Selain itu, hindari produk skincare yang mengandung alkohol, pewarna buatan, dan plastik.

Rutin Eksfoliasi

Kulit terus menerus memproduksi sel-sel baru dan melepaskan sel-sel lama. Ketika sel-sel kulit mati menempel di permukaan, pori-pori pun akan menutup dan membuat wajah terasa kasar. Eksfoliasi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mengatasi kulit kering, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Hindari Mencuci Muka dengan Air Panas

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, hindari mencuci wajah atau mandi menggunakan air panas. Meskipun air panas dapat membuat tubuh menjadi rileks, namun suhu air yang terlalu panas justru dapat membuat kulit wajah kering menjadi semakin kering dan bertekstur.

Konsumsi Banyak Air Putih

Hal penting dan utama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kering Anda adalah dengan merawatnya dari dalam. Mengonsumsi banyak asupan air putih dapat membuat kulit terasa lebih sehat, lembap, dan bercahaya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.