Perayaan Waisak di Palembang, Ribuan Umat Buddha Ramaikan Wihara Dharmakirti
Wihara Dharmakirti di Jalan Kapten Marzuki Kota Palembang, Sumatera Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Wihara Dharmakirti di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, ramai umat Buddha merayakan hari suci Waisak 2566 BE/2022 Masehi pada Senin (16/5).

Pembina Wihara Dharmakirti Darwis di lokasi mengatakan, Waisak tahun ini mereka mengusung tema “dalam cinta kasih semua bersaudara”.

Tema itu dipilih mengisyaratkan kebangkitan pascadua tahun pandemi COVID-19 yang sungguh berdampak buruk pada kehidupan sosial-ekonomi masyarakat.

“Sesuai dengan kapasitas maksimal Wihara yang pengurus sediakan sekitar seribu umat melangsungkan peribadatan puja Bakti Waisak, Detik Sidhi dan Upacara Wisudhi tahun ini secara khidmat,” kata dia.

Perayaan Waisak di Palembang Digelar secara Sederhana

Menurut Darwis, perayaan Waisak tahun ini masih digelar secara sederhana hanya mengutamakan rangkaian ibadah inti saja meskipun kondisi penyebaran COVID-19 Palembang sudah lebih landai.
​​​​​​​
Sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Kota semua prosesi peribadatan tetap berlangsung dengan kepatuhan protokol kesehatan.

Peribadatan Waisak di Palembang Menerapkan Protokol Kesehatan

Mereka yang melaksanakan peribadatan tersebut diwajibkan untuk selalu mengenakan masker dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Ada petugas yang melaksanakan skrining di pintu masuk diawasi oleh panitia, satuan pengamanan didampingi aparat kepolisian setempat,” imbuhnya.

Secara khusus, kata dia, umat Buddha berdoa pada perayaan hari suci Waisak 2566 BE ini pandemi COVID-19 bisa hilang dari bumi sehingga kondisi sosial-ekonomi bisa pulih kembali.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.