Cara Merapatkan Miss V dengan Senam Kegel Terbukti Benarkah? Berikut Penjelasan dari Ahli
Ilustrasi mengencangkan otot pelvis wanita dengan senam kegel (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Otot yang berada di bagian dasar panggul disebut dengan istilah pelvic floor. Otot di bagian bawah panggul ini bisa melemah atau kendor karena persalinan, obesitas, penuaan, angkat berat, dan mengejan. Mengutip penjelasan Andrei Marhol, MD., Ph.D., dokter umum dan penasihat medis dilansir Flo, Rabu, 6 April, seks tidak menyebabkan vagina menjadi longgar. Ini hanya mitos, tetapi ada beberapa cara untuk mengencangkan setelah mengalami kelima faktor di atas.

Latihan kegel merupakan salah satu tips atau cara untuk mengencangkan otot dasar panggul. Otot dasar panggul berfungsi sebagai penyangga rahim, usus kecil, kandung kemih, dan rektum. Dasar panggul merupakan lapisan otot dan jaringan yang memanjang dari tulang kemaluan hingga tulang ekor. Nah, yang sering keliru dipahami, senam atau latihan kegel memang mengencangkan otot-otot yang mengelilingi Miss V.

Artinya tidak seperti yang dipikirkan bahwa senam kegel dapat mengencangkan otot Miss V, tetapi otot yang mengelilingi vagina. Kegel memperkuat otot dasar panggul yang mengelilingi vagina. Tetapi, Anda bisa berlatih kegel karena tergolong mudah dan bisa dilakukan di mana saja termasuk di atas ranjang.

Apabila diidentifikasi, otot pelvis merupakan otot yang terasa ketika Anda menahan buang air kecil. Otot tersebut digunakan untuk menghentikan aliran urin, inilah yang dilatih dan disebut dengan latihan kegel.

Mempraktikkan Senam Kegel 

Latihan kegel bisa dengan mempraktikkan menahan pipis atau mengencangkan otot pelvis. Bisa dilakukan dengan mengencangkan selama lima detik dan rileks selama lima detik. Ulangi langkah ini setidaknya lima kali berturut-turut.

Menurut penelitian, latihan kegel bisa mengurangi risiko inkontinensia urin. Hasil dari penelitian tersebut, menemukan bahwa latihan kegel sebanyak sepuluh set latihan selama delapan minggu menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Hasil kedua dari penelitian yang sama, menunjukkan bahwa latihan otot dasar panggul secara rutin selama delapan minggu setelah melahirkan, dapat meningkatkan efikasi diri seksual. Manfaat tersebut berkaitan dengan kepuasan seksual dan kepercayaan diri setelah melahirkan.

Alat untuk Latihan Senam Kegel 

Untuk berlatih kegel, terdapat tiga alat meski sebenarnya bisa dilakukan tanpa alat. Pertama, bola kegel yang bisa dipakai latihan dengan mengambil posisi telentang. Kedua, bola kegel dengan pemberat dan ketiga, bola kegel dengan pemberat berbobot berbeda-beda. Ketiganya dipakai perlu menggunakan pelumas. Selain itu, harus dicuci bersih hingga steril.

Latihan kegel dengan alat ataupun tidak, Anda bisa dilakukan dengan latihan cara seperti berikut ini:

  1. Berbaring di lantai dengan punggung rata. Lutut ditekuk dengan telapak kaki rata lantai. Dalam posisi tersebut, masukkan bola kegel yang telah dilumasi pelumas berbasis air ke dalam vagina. Setelah memasukkannya, berlatihlah mengencangkan otot-otot dasar panggul dan tarik senar dengan lembut. Cara ini membantu Anda mengidentifikasi otot yang benar untuk dikencangkan sekaligus memperkuatnya pada saat bersamaan.
  2. Berbaring telentang, latih dengan kencangkan dan kendurkan otot dasar panggul. Tarik napas dan rilekskan otot, lalu hembuskan dan kencangkan otot. Ulangi latihan ini selama beberapa hari berturut-turut sebelum melanjutkan ke latihan berikutnya.
  3. Latihan selanjutnya, tidak ada gerakan panggul dalam posisi ini. Dilakukan dengan tangan pada lutut dengan punggung rata. Seperti halnya latihan sebelumnya, kencangkan ketika buang napas dan kendurkan ketika ambil napas. Ulangi 10 kali pada setiap sesi dan lakukan selama beberapa hari berturut-turut.

Itulah penjelasan serta cara melakukan latihan kegel sederhana. Tertarik untuk mencobanya yang bermanfaat untuk mengencangkan otot dasar panggul?

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.