Mengenal Jenis Madu dan Manfaatnya bagi Kesehatan
Madu (Steve Buissinne-Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Banyak orang yang suka mengonsumsi madu. Cairan yang diproduksi oleh lebah dari nektar bunga ini mempunyai rasa yang manis. Madu telah populer sejak lama karena berkhasiat untuk kesehatan

Karena rasanya manis, madu juga seringkali dipilih jadi pengganti gula dalam berbagai makanan dan minuman. Bahkan, madu juga umum dipakai dalam produk perawatan tubuh dan wajah. 

Adapun manfaat madu untuk kesehatan seperti meningkatkan stamina, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan batuk, menyembuhkan luka, mengobati jerawat, membuat kulit lebih mulus, mengatasi bibir pecah-pecah, menguatkan helai rambut, serta mencegah diabetes. 

Tertarik minum madu untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan? Sebelum membeli, ketahui dulu beberapa jenis madu berikut ini: 

Clover honey

Clover honey ini jadi jenis madu yang sedang populer saat ini di media sosial. Madu clover diperoleh sari bunga tanaman semanggi. Kalau dari tampilannya, warna madu ini memang berbeda, bukan kecokelatan, tapi agak kuning pucat. Dari segi rasanya, selain manis madu clover ini cenderung memiliki aroma floral. 22 Jan 2021 16:36

Madu manuka

Madu manuka ini merupakan jenis yang terkenal di berbagai negara dan berasal dari New Zealand. Madu manuka berasal dari nektar bunga semak manuka (leptospermum scoparium). Tumbuh di daerah terpencil Selandia Baru, madu manuka hanya bisa dibuat sekitar enam minggu dalam setahun saat tanaman berbunga. 

Madu uray 

Nama madu uray menjadi salah satu madu terbaik dunia dan berasal dari Indonesia. Madu ini dikenal dengan nggak melalui proses kimia, murni, alami, dan tidak dicampur air. Madu uray dapat dikonsumsi langsung bahkan tanpa diolah. 

Madu hutan Sumbawa

Madu lain yang asli Indonesia dan terkenal sejak lama adalah madu hutan Sumbawa. Ciri khasnya adalah tekstur pekat dan rendah kadar air dibanding madu lain. Pengaruh kondisi alam Sumbawa yang kering dan panas juga memengaruhi hasil madu. Madu hutan Sumbawa sendiri dihasilkan dari lebah yang mengambil nektar dari pohon bidara atau ziziphus mauritiana.

Madu kaliandra

Jenis madu lain, yang juga dari tanah air, adalah madu kaliandra. Madu ini dihasilkan dari nektar bunga kaliandra yang dihisap oleh lebah madu yang diternak di area hutan kaliandra. Ciri khas madu kaliandra ini berwarna kuning cerah, sekilas mirip minyak goreng, tapi teksturnya lebih kental. 

Artikel ini pernah tayang di VOI dengan judul Macam-Macam Madu Terbaik untuk Kesehatan.  Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.