Tips Mengatasi Tumit Kaki Pecah-pecah dengan Bahan Alami
Tumir kaki pecah-pecah/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

SUMATERA SELATAN – Tumit kaki pecah-pecah merupakan salah satu kondisi kulit yang kerap dialami banyak orang. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kaki pecah-pecah agar tidak semakin parah.

Beberapa orang ada yang tidak menganggap retakan pada tumit sebagai masalah serius. Padahal, dalam beberapa kasus, tumit kaki pecah-pecah bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti rasa sakit ketika berdiri, hingga infeksi.

Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah dengan bahan alami.

1.      Oleskan bawang putih dan madu

Bawang putih dan madu bisa dimanfaatkan untuk memuluskan kulit tumit yang pecah.

Kandungan antibakteri di dalam dua bahan ini, diyakini bisa membantu melembabkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Caranya cukup mudah, parut 4 siung bawang putih, lalu campur dengan sedikit air bersih. Berikutnya oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah pada malam hari sebelum tidur.

Ketika terbangun keesokan harinya, bersihkan tumit dengan air dingin, dan oleskan madu untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

2.      Gosok tumit dengan batu apung

Tips kedua, Anda bisa menggosokkan batu apung pada tumit pecah-pecah dengan lembut.

Sebelum menggosokkan batu, pastikan Anda mengoleskan pelembab terlebih dahulu. Cara ini dapat membantu merontokkan sel-sel kulit mati dan mengurangi kulit yang sudah mengeras atau menebal.

Yang perlu jadi cacatan, mengatasi tumit pecah-pecah dengan batu apung tidak disarankan bagi penderita diabetes.

3.      Oleskan masker pisang

Dikutip dari India Times, mengobati tumit pecah-pecah dengan dapat dilakukan dengan mengoleskan masker pisang

Cara membuatnya, hancurkan pisang kecil-kecil dalam mangkuk, lalu tambahkan satu sendok teh madu di dalamnya. Aduk homogen sampai konsistensinya menyerupai pasta atau gel.

Langkah selanjutnya, oleskan masker pisang ke seluruh tumit yang pecah-pecah dan gosok perlahan. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Lakukan langkah tersebut hingga beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Diketahui, pisang mengandung vitamin A, B6, dan C, yang dapat menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

Selain informasi cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah, simak berita terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan.