7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Meantikan Buka Puasa, Bikin Waktu Cepat Terlewati
Ilustrasi mengisi waktu sebelum berbuka puasa (Unsplash/Raamin ka)

Bagikan:

PALEMBANG- Waktu sore hari di bulan puasa Ramadan memang menjadi saat di mana tubuh merasa sangat lemas. Untuk menahan atau mengalihkan rasa lapar, anda perlu mengisinya dengan kegiatan sederhana.

Selama menunggu berbuka puasa, Anda mungkin tak punya kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang memakan waktu. Itu berarti, berikut referensi yang bisa Anda lakukan untuk menunggu berbuka puasa.  

1. Membaca

Baik buku, koran, majalah, bisa dibaca ketika Anda sedang punya waktu luang. Membaca secara rutin dalam membuat perbedaan besar dalam cara Anda memproses informasi, menurut Barton Goldsmith, Ph.D., LMFT. Dilansir  Psychology Today,  Selasa, 5 April.

2. Menata atau meletakkan peralatan makan

Aktivitas yang konstruktif seperti menata-letakkan peralatan makan ternyata membantu membuat pikiran menjadi lebih teratur. Menurut Goldsmith, psikoterapis dan penulis yang berbasis di Los Angeles, umumnya jika rumah lebih teratur maka pikiran juga akan lebih teratur.

3. Mengumpulkan dan membuang sampah

Membuang sampah, merupakan aktivitas sederhana yang enggak ribet. Tetapi kadang jadi rumit karena tidak memiliki waktu luang. Nah, saat menunggu berbuka Anda bisa mengisi waktu dengan mengumpulkan kertas, nota, maupun dokumen yang tak terpakai. Kemudian memisahkan sampah organik dan non-organik hingga membuangnya ke luar rumah.

4. Meninjau akun media sosial

Pesan Goldsmith, menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial tidak benar-benar sosial. Itu artinya Anda bisa mengelola lebih efektif dalam mengakses media sosial Anda. Anda bisa memilih orang-orang terdekat dan berkomunikasi santai dengan mereka. Ini tak akan menghabiskan waktu lebih dari tiga puluh menit.

5. Buang dokumen lama

Baik dokumen yang tersimpan di file digital hingga amplop usang, bisa dipilah kembali mana yang masih penting dan tidak. Mungkin karena Anda tidak punya waktu untuk membersihkan seluruh dokumen, maka bisa mencicilnya sedikit demi sedikit ketika menunggu berbuka.

6. Menghubungi teman lama

Mengirim pesan teks atau email ke seseorang yang pernah ada dalam hidup Anda bisa dilakukan untuk mengisi waktu ketika menunggu berbuka. Berhubungan dengan teman lama, membuat Anda dan mereka merasa lebih baik.

7. Berikan perhatian pada orang terdekat

Beberapa menit sangatlah berarti bagi orang terdekat Anda. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bercengkerama, maka manfaatkan waktu sesaat sebelum berbuka puasa. Anda juga bisa memberikan perhatian pada binatang peliharaan ataupun tanaman hias di rumah. Cara ini bukan cara yang buruk untuk menghabiskan waktu, sebab membagikan perhatian bisa membantu kita merasa lebih aman.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.