Peralatan Restoran yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Menjadi Chef Profesional
Ilustrasi Chef (Foto: Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Banyak orang ingin menjadi chef karena profesi ini dinilai cukup menjanjikan dan populer. Untuk menjadi chef, keahlian paling dasar yang harus dimiliki adalah memasak dan meracik  bumbu masakan , serta bisa membuat berbagai kreasi makanan. Banyak pula yang melakukan eksperimen untuk membuat menu masakan baru yang dapat diterima oleh banyak orang.

Selain memasak dan memastikan makanan layak untuk disantap, tugas seorang chef tak lepas dari menjaga kualitas makanan yang akan mereka buat menjadi masakan. Nah, untuk memastikan bahan baku makanan selalu memiliki kualitas terbaik, seorang chef perlu mengenal berbagai  alat restoran  yang akan digunakan. 

  1. Kompor Kwali Range

Kompor kwali range sering juga disebut sebagai kompor wok kwali yang merupakan jenis kompor yang memiliki tekanan api cukup tinggi. Jenis kompor yang satu ini biasanya dipakai di dapur restoran chinese food. Penggunaan kompor kwali range membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan praktis, sehingga banyak restoran yang menggunakan jenis kompor ini. 

Terdapat perbedaan antara kompor yang satu ini dengan kompor gas biasa. Tambahan blower di kompor kwali range membuat semburan api lebih kuat. Sehingga, kompor yang satu ini bisa digunakan untuk mendukung aneka menu yang membutuhkan proses memasak yang cepat.

  1. Pendinginan

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan alat yang satu ini. Mesin pendingin bekerja untuk memperlambat bakteri yang akan mengurai ke berbagai makanan. Hal ini akan membuat makanan menjadi lebih tahan lama. 

Jika dilihat dari kapasitasnya, ada lima pendingin yang ada di pasaran. Yakni, jenis portable, satu pintu, dua pintu, tiga pintu dan side by side. Semuanya memiliki kapasitas yang berbeda, mulai dari 50 hingga 600 liter.

  1. Memiringkan Pan

Alat masak yang satu ini adalah alat penggoreng besar yang biasanya digunakan ketika memasak makanan dengan porsi yang banyak. Alat yang satu ini memiliki bentuk segi empat dengan sumber panas dari gas.

Tilting pan sendiri dilengkapi dengan alat pengungkit yang bekerja untuk memindahkan makanan ke wadah lainnya ketika makanan tersebut sudah matang. 

  1. Tungku gas

Satu lagi alat masak yang sepertinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Kompor gas adalah kompor yang dilengkapi dengan banyak tungku. Kompor ini banyak digunakan di restoran profesional karena terdapat enam tungku sehingga proses memasak lebih mudah dan cepat.

Tak hanya enam tungku, kompor gas juga memiliki jumlah tungku yang lebih kecil, yakni empat tungku dan dua tungku yang biasanya digunakan untuk memasak di rumahan. 

  1. Persiapan Meja Stainless

Sebuah restoran tentu harus membuat beragam macam menu. Nah, untuk hal ini semua restoran atau dapur rumah makan membutuhkan meja dapur yang tahan karat, bagus, kuat, tidak meninggalkan noda, tidak menyerap bau dan tentunya mudah dibersihkan. Meja berbahan dasar stainless ini menjadi salah satu meja yang kerap dipakai di restoran atau rumah makan.

Ada banyak jenis meja stainless yang tersedia, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan ukuran dapur, tipe resto yang kamu jalankan dan lainnnya. Sebab, meja yang satu ini sering digunakan untuk mempersiapkan bahan makanan sebelum diolah.

Seorang chef perlu mengenal berbagai peralatan dapur agar dapat mengolah berbagai bahan makanan menjadi menu yang dapat disajikan kepada banyak orang. 

Untuk mendapatkannya, kita bisa membeli langsung di pusat perbelan, secara online, ataupun dengan  mengimpor sendiri langsung dari China . Tentu, selain lima peralatan restoran di atas, masih ada banyak peralatan lainnya yang perlu kamu kenal sebelum memutuskan untuk menjadi seorang chef yang handal. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.

Terkait