Cara Menjadikan Hobi untuk Mendapatkan Penghasilan, Bagaimana Cara Mengembangkannya?
Shopee memberikan beberapa ide kegiatan inspiratif mengelola hobi menjadi bisnis (Foto dari Antara)

Bagikan:

Bermula dari hobi, siapa sangka beberapa kegiatan ini justru dapat menghasilkan cuan, penghasilan tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan.

Hakikatnya setiap orang memiliki kegiatan favorit atau hobi yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Dapat melakukan hobi di sela-sela waktu biasanya akan memberikan kita kepuasan dan kesenangan batin, terlebih jika hobi tersebut ternyata dapat dijadikan peluang usaha.

Sesulit apapun rintangannya, bila hal tersebut merupakan hobi yang kita gemari pasti akan terasa mudah menjalaninya. Bersamaan dengan kampanye 6.6 Rumah & Hobi Sale, Shopee berbagi tips beberapa hobi yang dapat membantumu menghasilkan uang dan cara mengelolanya.

Sepanjang kampanye yang masih berlangsung hingga 6 Juni 2022 mendatang, pengguna juga akan disuguhkan serangkaian penawaran menarik dari Shopee seperti, Gratis Ongkir Xtra, Serba 30RB, dan Super Diskon dari 60 persen. Selain promo spesial, berbagai produk berkualitas juga dapat menjadi pilihan dalam menunjang hobi untuk menjadi peluang bisnis.

“Sesuai istilah, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Tentu tidak ada salahnya ketika hobi yang kita jalankan justru berpeluang menjadi bisnis yang menguntungkan," ujar Monica Vionna selaku Head of Marketing Growth Shopee Indonesia dalam siaran pers yang diterima Senin.

Eksperimen layaknya chef

 atau kue basah bahkan makanan berat tidak ada salahnya kalau kalian coba untuk memasarkannya, apalagi jika terbukti memang enak.

Lalu bagaimana cara memulainya? Mulailah bisnis ini dengan berjualan kepada kerabat dan saudara terdekat. Tidak ada bisnis yang bisa bertumbuh tanpa memiliki koneksi di awal. Jadi jangan terburu-buru untuk mengincar pasar yang besar, tawarkan kualitas dan rasa yang memang disukai.

Kemudian rajin belajar mencoba resep baru untuk menambah citarasa. Tetapi jangan sampai semangat dan konsistensi luntur dikarenakan beberapa peralatan yang ada di rumah tidak mendukung untuk bisa merealisasikan hobi tersebut menjadi cuan.

Namun tahukah Anda bahwa kemampuan seni menggambar tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis baju dan menjual lukisan di atas kanvas saja? Tetapi Anda bisa mengaplikasikannya pada medium-medium lain yang juga berpotensi mendapatkan cuan! Contohnya, seperti menambahkan sentuhan lukisan untuk cover buku, bantal, sprei dan pajangan rumah lainnya agar semakin berkesan dan aesthetic. Atau dapat juga menambahkan sketsa unik untuk talenan, tutup toples dan peralatan rumah lainnya yang dari kayu.

Tak perlu khawatir menemukan produk-produk yang ingin dikreasikan tersebut, karena Anda dapat mengunjungi Lady Rose Official Shop untuk mendapatkan sprei dan sarung bantal, atau Grinn Living Official Shop untuk menemukan nampan dan toples kayu yang kemudian dapat Anda lukis untuk menjadi spesial kado dan pajangan.

Menjahit

Jika selama ini kemampuan menjahit, atau membuat kerajinan tangan hanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, kini saatnya Anda untuk mengalihkan hobi tersebut menjadi ide bisnis yang menghasilkan uang di era saat ini.

Sebenarnya menjahit adalah jenis usaha yang sangat fleksibel karena bisa dilakukan oleh siapapun dan dari rumah. Apalagi jika Anda bisa menyulap barang-barang menjadi lebih menarik dengan kemampuan itu.

Selain membuat baju, sarung bantal, sprei, dan pakaian lainnya, kemampuan menjahit juga dapat dikreasikan untuk menciptakan barang-barang rumah menjadi lebih berkesan, seperti menambahkan bordir nama atau bunga untuk tas bekal makanan, handuk, dan cover bantal, ataupun membuat taplak meja dan sarung botol minum yang dapat Anda komposisikan dengan ornamen manik-manik dan payet.

Layaknya bisnis pada umumnya, setelah dikreasikan Anda dapat menjual kembali produk tersebut dengan harga yang lebih menguntungkan, lho. Demi mendukung hobi menjahit kamu ini menjadi peluang usaha, berbagai macam aneka benang, alat jahit, dan manik-manik tersebut bisa ditemukan pada Aneka Benang yang turut berpartisipasi pada 6.6 Rumah dan Hobi Sale.

Setelah menyadari hobi, skill dan dukungan peralatan yang lengkap, lantas bagaimana mulai mengolahnya menjadi bisnis (sumber penghasilan baru) yang bermanfaat?

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, tetapi hal pertama yang jangan sampai terlewatkan adalah melakukan survei dan riset terlebih dahulu untuk menemukan tren dan perilaku konsumen saat ini. Lakukan analisa secara lengkap dan detail agar nantinya barang yang akan dijual langsung diterima pasar dengan harga yang bersaing. Kemudian, buat strategi pemasaran dan jadikan barang Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Terakhir, tumbuh di era digital saat ini memudahkan para calon penjual untuk melakukan promosi dengan mudah melalui sosial media. Jangan lupa merancang branding dan konten promosi semenarik mungkin untuk menarik para konsumen.

Selain itu, karena karakteristik masyarakat Indonesia yang cenderung belanja online saat ini semakin meluas, justru menjadi peluang besar dalam memasarkan produk melalui situs belanja online salah satunya, Shopee.

Apalagi Anda bisa juga bisa memanfaatkan fitur yang disediakan, seperti Shopee Live dan fitur hiburan terbaru Shopee Video, baik untuk sekedar promosi, ataupun membuat konten kreatif yang memikat penonton melalui barang yang akan dijual.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.