5 Tips Supaya Anak Tidak Konsumsi Gula Berlebihan, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi makan gula (Yarden/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Makanan yang manis atau mengandung gula dapat menimbulkan efek negatif apabila terlalu sering dikonsumsi. Masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat konsumsi gula yang berlebihan, di antaranya gejala alergi, masalah pencernaan, obesitas, sampai melemahnya imunitas tubuh.

Masalah tersebut masih belum ditambah risiko klasik yang sudah berulang kali diperingatkan oleh para dokter dan orang tua selama ratusan tahun, ancaman sakit gigi akibat gigi berlubang. 

Masalahnya, menjauhkan anak-anak dari makanan manis adalah sebuah tantangan yang sama sulitnya dengan semut dari tumpukan gula. Adakah cara efektif melakukannya?

Kurangi konsumsi minuman manis

Jennifer Hyland, RD spesialis diet anak mengatakan menghindari minuman manis, termasuk jus, membuat dampak besar. “Meskipun jus buah 100% tidak selalu mengandung gula, tetap saja banyak gula yang di dalam satu tempat,” kata Hyland. “Untuk itu, coba hindari minuman bersoda dan minuman energi terutama teh manis dan kopi.”

pelajari label makanan

Kini setiap bungkus makanan terdapat label bahan yang menunjukkan jumlah gula tambahan dalam makanan tersebut. “Tulisan gula tambahan dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih cerdas. Jika makanan mengandung 10 gram gula tambahan, coba pilih makanan lain, karena itu hampir setengah dari jumlah yang disarankan untuk anak-anak,” Hyland menambahkan.

Pilih makanan dengan komposisi gula kurang dari 10 gram dan serat lebih dari 5 gram

Sereal dan granola diklaim sebagai makanan sehat, namun ternyata banyak kandungan gula. Alih-alih melarang anak mengonsumsi keduanya, Hyland mengatakan untuk mencari produk yang mengandung kurang dari 10 gram gula, dan jika memungkinkan, lebih dari 5 gram serat.

“Serat bermanfaat dalam banyak hal. Ini membantu rasa kenyang, menurunkan biaya dan menurunkan risiko diabetes dan pradiabetes,” katanya. “Banyak produk yang memiliki gula alam, seperti buah-buahan dan sayuran, serta memiliki kandungan serat yang tinggi”.

Kreasikan camilan sehat sendiri untuk anak-anak

Makanan olahan sering kali tidak diberi gula tambahan. Jadi banyak makanan yang bisa Anda olah sendiri di rumah, semakin baik. “Membuat muffin mini dibandingkan di toko tentu ada perbedaan. Meskipun olahan Anda mungkin mengandung gula, tapi Anda bisa memilih jenis gula yang lebih alami atau mengontrol jumlah,” jelas Hyland. Anda juga bisa mencoba membuat granola bar yang dimaniskan dengan kurma untuk menghindari gula tambahan.

Latih selera makan anak

Hyland menyarankan Anda memperkenalkan makanan padat pada anak-anak, jangan mulai dengan yang manis-manis. “Jika kita tidak memperkenalkan gula secara berlebihan sejak awal, maka selera mereka tidak akan terlalu menginginkan rasa itu.” Tidak mengapa memberi buah, sebaiknya tidak dengan gula yang ditambahkan ke dalamnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkpa untuk Anda.