Tips Sederhana Mengajarkan Anak Rasa Syukur Menurut Ahli, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi ibu dan anak bahagia (Unsplash/Fernanda Greppe)

Bagikan:

PALEMBANG- Setiap orang tua pasti ingin bisa membahagiakan anaknya. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan seperti membelikan mainan, kadang bukan cara paling tepat untuk membuat buah hati merasa bahagia. Menurut terapis keluarga dan ahli parenting, mengajarkan pada anak untuk bersyukur bisa jadi cara sederhana agar membuatnya lebih bahagia.

Dilansir Psychology Today, Selasa, 23 November, konsep syukur dan penghargaan perlu diajarkan orang tua kepada anak-anaknya. Mereka belum mengetahui kapan dan bagaimana menggunakan konsep tersebut sebagai sebuah sikap tak ternilai yang membuatnya lebih bahagia menjalani kehidupan.

Dengan bersyukur, anak bisa merasakan penghargaan untuk hidup, menghargai orang lain, menghargai apa yang dimiliki, dan menghargai apa yang telah orang lain berikan. Menukil ulasan Meri Wallace, LSCW., mengajarkan rasa terima kasih –atau rasa syukur- ke dalam kehidupan sehari-hari anak-anak bisa membantu mereka mengelola keinginan.

Menurut rekomendasi Wallace, begini cara atau tips mengajarkan pada anak tentang rasa syukur.

Praktikkan dalam kehidupan sehari-hari

Orang tua adalah model yang ditiru oleh anak. Maka, rasa syukur perlu diaplikasikan orang tua bahkan seluruh anggota keluarga di rumah. Ucapkan terima kasih atas sikap yang baik, perkataan, atau hadiah yang diterima.

Ekspresikan rasa terima syukur kepada orang lain

Mengajari anak tentang kegembiraan, bisa dengan mengekspresikan rasa terima kasih kepada orang lain. Minta anak mengucapkan terima kasih pada sahabat atau kerabat yang memberi hadiah maupun tindakan baik.

Buat momen rutin untuk hari baik

Hari baik yang diisi dengan penuh rasa syukur perlu dibuat secara rutin supaya membangun kebiasaan baik. Seperti membuat momen setiap bulannya, misalnya dengan membantu sahabat atau melakukan hal baik lainnya.

Membaca buku

Buku bisa jadi sumber pengetahuan bahkan media untuk menarasikan cerita yang mengajarkan anak tentang rasa syukur.

Berdiskusi membicarakan rasa syukur

Mengutip laman The Every Mom, membicarakan tentang rasa syukur membuat anak mengerti setelah mengidentifikasi. Ajarkan dulu apa hal-hal yang membuat seseorang patut bersyukur. Kadang hari yang cerah dan matahari bersinar hangat juga perlu disyukuri, artinya beri tahu apa saja hal baik yang dialami. Kemudian rasakan dan ucapkan rasa syukur supaya anak terbiasa melakukannya.

Wallace menjelaskan, jika anak merasa sedih, keterampilan hidup yang perlu diajarkan padanya adalah bersyukur. Sebab, rasa syukur bisa mengubah suasana hati dengan cepat dan memikirkan apa yang dimiliki terasa lebih berharga.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.