Tips Dekorasi Dapur Rumah Sederhana Estetik, Bikin Memasak Makin Ceria
Ilustrasi dekorasi dapur (Dreamer Company/istockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG - Sentuhan dekorasi estetik dalam rumah juga perlu diterapkan di ruang dapur. Mungkin banyak yang kaget mengapa dapur perlu didekorasi segala? Padahal dapur sendiri identik dengan ruangan yang panas dan mudah kotor. Nah, itulah mengapa Anda perlu mendekorasi dapur.

Meski mudah kotor tapi dengan penataan yang tepat, dapur akan tetap terlihat cantik dan membuat Anda lebih senang memasak. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, coba saja enam tips dekorasi dapur minimalis murah sederhana ini, melansir I am Architecture Studio, Kamis, 17 Maret.

Hadirkan elemen kain

Penggunaan kain saat mendekorasi dapur minimalis sangat populer. Apalagi motif dan jenisnya sangat beragam. Untuk dapur bergaya Jepang, Anda bisa memilih linen. Sedangkan untuk dapur bergaya mewah, bahan sutra bisa jadi pilihan.

Elemen kain cocok diaplikasikan sebagai gorden atau keset. Untuk gorden, kehadirannya sangat membantu dalam meminimalisir terik matahari yang mungkin membuat dapur semakin panas. Sedangkan sebagai keset, kain bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang terkena terkena air atau minyak. Bisa juga meminimalisir terjatuh karena lantai licin.

Sesuaikan saja ukuran kain dengan ukuran dapur. Tidak ada masalah kecil karena dekorasi dapur minimalis akan menonjol, terutama bahan kain dengan motif dan warna yang kontras.

Pilih backsplash bertekstur

Trik murah mendekorasi dapur minimalis juga bisa diterapkan dalam pemilihan backsplash di area kitchen set. Daripada menggunakan keramik polos, pilihlah bahan lain atau keramik yang memiliki tekstur. Warna dapat dicocokkan dengan warna cat dinding rumah.

Bahan backsplash bertekstur bisa membuat dapur terlihat lebih hidup. Jika ditambahkan pencahayaan, teksturnya akan terlihat lebih hidup dan teksturnya. Namun, jangan lupa untuk memastikan bahan backsplash dapur tidak menyerap udara dan noda sehingga mudah dibersihkan setiap saat.

Gunakan marmer yang tahan lama

Bagi Anda yang menginginkan nuansa minimalis dan mewah di dapur, bahan yang bisa digunakan. Harganya memang cukup mahal, namun penggunaannya tetap setara dengan harganya. 

Karena awet, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mengganti atau memperbaikinya secara berkala.Jadi sebagai pelapis meja dapur. Kemudian pilihlah warna marmer yang senada dengan bahan lain pada kitchen set atau dinding. 

Tambah hiasan dinding

Mendekorasi dapur minimalis juga bisa dilakukan dengan menggunakan barang-barang sehari-hari yang bentuknya unik. Contohnya adalah jam dinding berbentuk apel yang terbuat dari kayu. Ukurannya kecil, tapi bentuknya menarik. Jika Anda kurang menyukai bentuk buah apel, Anda juga bisa memilih jam dinding yang unik dengan bentuk lain, seperti bentuk piring atau rumah. Multifungsi untuk mendekorasi dan mengecek waktu memasak, bukan?

Alternatif dekorasi dapur minimalis lainnya adalah menambahkan hiasan dinding. Anda dapat menggantung papan kecil di dinding sebagai hiasan. Di sana, Anda dapat menulis resep, catatan untuk anggota keluarga lainnya, atau bahkan membuat gambar yang menggemaskan.

Tambah lampu gantung

Dekorasi dapur minimalis lainnya yang multifungsi adalah lampu gantung. Tempatkan sumber cahaya di atas dapur untuk mendukung kegiatan persiapan makanan. Selain itu, Anda juga bisa memasang lampu gantung di atas meja untuk menemani Anda dan keluarga menyantap makanan lezat sekaligus menambah suasana hangat antar anggota keluarga.

Untuk fungsi dekorasi, pilihlah lampu gantung yang sesuai dengan gaya dapur. Misalnya untuk dapur modern atau minimalis industrial, pilihlah lampu bohlam dengan gantungan dan tudung besi berwarna hitam. Dekorasi dapur minimalis sederhana ini jadi favorit rumah-rumah modern.

Hiasan tanaman hias hijau 

Agar dapur jadi lebih segar, letakkan tanaman hias hijau sebagai dekorasi. Buatlah rak khusus untuk meletakkan tanaman mungil dalam pot. Namun, jangan asal-asalan dalam memilih model rak atau pot tanaman yang digunakan, karena keduanya bisa memengaruhi tampilan dapur secara keseluruhan. Idealnya, pilih model yang paling sesuai dengan desain dapur Anda.

Sebisa mungkin menempatkan rak dan pot di dekat jendela atau area lain yang terkena sinar matahari. Jika Anda suka memasak, coba pilih tanaman misalnya kemangi, rosemary, oregano, dan ketumbar.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.