Tips Menata Dapur Supaya Bersih dan Cantik Dipandang, Ngga Butuh Biaya Mahal!
Dapur Bersih (Foto: Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu ruang dalam rumah yang fungsinya cukup penting adalah ruang Dapur. Dapur menjadi pusat energi dimana makanan untuk keluarga diciptakan. Seringnya aktivitas yang dilakukan di dapur membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang sulit untuk dibersihkan.

Fungsi dapur untuk membuat makanan, minuman, dan mengumpulkan piring kotor membuat dapur menjadi cepat kotor dan berantakan. Walaupun cepat kotor, dapur merupakan salah satu bagian penting rumah yang harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, dapur akan menjadi tempat favorit kecoak, semut, dan tikus untuk mencari makan.

Hama ini tak hanya akan membuat rumah berantakan, tetapi juga bisa membuatmu penghuninya tidak sehat. Untuk itu, daripada membersihkan saat dapur sudah terlalu kotor, lebih baik kamu menjaga kebersihan dapur. Berikut tips yang bisa kamu coba agar dapur tetap bersih.

  1. Mulai memasak dengan bersih

    Ketika melihat dapur bersih, semangat memasak tentu akan naik. Karena itu usahakan memulai memasak dengan bersih, artinya jangan menunda cucian peralatan masak. Jangan menumpuk peralatan masak di tempat cuci piring.

    Segera bersihkan dapur setelah memasak, agar saat memasak lagi semua sudah bersih.

  2. Atur peralatan masak

    Penataan peralatan memasak dan makan pada tempatnya akan membuat dapur terlihat rapi. Gunakan ruang yang ada untuk membuat tempat penyimpanan peralatan makan dan memasak. Untuk bahan makanan, bisa ditata di peralatan yang bisa dipakai berulang, hindari penggunaan plastik sehingga tidak terkesan jorok saat memasak.

  3. Pilih alat dapur yang mudah dibersihkan

    Sebagai tempat memasak, dapur rentan terkena cipratan atau tumpahan makanan dan minuman. Belum lagi suhu panas, benda-benda berat, dan tajam yang disimpan di dapur. Oleh karenanya, kitchen set bukan hanya perlu tampil menarik, tapi juga dibangun dengan material yang berkualitas dan mudah dibersihkan.

Untuk kompor misalnya, teknologi terkini membuat kompor kaca semakin cantik dan terjangkau. Salah satu contohnya adalah kompor Niko Reflection Black Series. Tampil dengan material kaca tempered glass yang kuat, kompor ini juga mudah dibersihkan.

"Kompor ini sudah diujicoba tahan banting dan punya kekuatan menahan beban hingga 80 kg. Bukan cuma cantik, untuk kompor dua tungku sudah dilengkapi dengan teknologi pengaman gas. Jika ada tumpahan air secara otomatis gas akan terhenti dan mematikan api kompor," ujar Dhika Santika, Head Marketing Niko Elektronik Indonesia di Jakarta, Rabu, 8 Desember.

Tak perlu kuatir soal harga, dengan teknologi setara kompor mewah, kompor ini dijual dengan harga di bawah satu juta sehingga tidak menguras biaya belanja bulanan. Untuk varian dua tungku dan tiga tungku memiliki harga yang sama. Bedanya, kompor tiga tungku belum dilengkapi dengan pengaman gas.

Warna hitam bisa menjadi pilihan terbaik untuk dapur karena tidak mudah terlihat kotor dan elegan. Tampilan kompor yang stylish dan mewah, membuat mood dalam memasak dengan kompor kaca menjadi lebih menyenangkan. Sehingga dalam proses masak memasak ibu dirumah menjadi lebih percaya diri dengan hasil masakan dan penampilannya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.