Rahasia Mengolah Sate Kambing yang Empuk dan Bau Tidak Prengus
Ilustrasi sate (Craig Dennis/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Banyak orang tentunya sudah menantikan momen Idul Adha untuk merayakan acara makan daging. Biasanya keluarga di rumah akan mengolah daging kambing menjadi masakan lezat saat Idul Adha

Menu olahan daging yang paling populer dipilih adalah sate. Selain karena memang enak, membuat sate pun termasuk mudah dan tidak butuh waktu lama untuk membuatnya. 

Tapi perlu diingat kalau mengolah daging kambing untuk jadi sate tidak bisa dibuat sendiri. Sebab masih ada risiko daging banyak dan berbau prengus yang bikin rasa sate kurang sedap. 

Nah, sebelum Anda mengolah daging kambing menjadi sate, ikuti tips ini dulu yuk! Biar nanti pas hari H bisa berhasil bikin sate enak untuk orang rumah. 

Daging tidak perlu dicuci

Setelah mendapatkan daging kambing, Anda tidak perlu mencucinya. Sebab, cuci daging kambing akan membuat baunya kuat dan teksturnya jadi banyak. Tidak hanya sate, pada dasarnya mau memasak apapun, daging memang sebaiknya tidak mau. 

Potong daging sesuai arah serat

Bagaimana cara daging? Paling mudah dengan mengikuti arah seratnya. Anda bisa membuang urat atau lapisan tipis di permukaan daging. Untuk bagian lemak, bisa dipakai untuk membuat sate jadi lebih gurih. Tapi kalau Anda tidak suka, lemak tersebut bisa disisihkan. 

Bungkus dengan daun pepaya dan nanas

Setelah daging dipotong, taruh di helaian daun pepaya lalu bungkus selama 30-60 menit. Anda juga bisa menambahkan buah nanas yang telah dihaluskan untuk dibalurkan ke daging, diremas-remas, lalu bungkus dengan daun. cara ini ampuh lho untuk bikin jadi empuk dan tidak perlu dimasak lama-lama. 

Bumbu sate 

Setelah daging sudah didiamkan di daun pepaya, inilah saatnya Anda memberi bumbu. Sederhana saja, haluskan bawang putih, ketumbar, lada, lalu tambahkan kecap manis. tempat bumbu ke wadah berisi daging, remas-remas agar semua meresap. Kemudian, bersiaplah untuk menyusun potongan daging dan siap dibakar. 

Hidangkan dengan bumbu kecap

Kalau sate sudah matang, Anda bisa menghidangkannya. Biar lebih enak, buat bumbu dari irisan bawang merah, tomat, dan cabe rawit, kemudian tambahkan kecap manis. Bisa juga menambahkan jeruk nipis atau acar mentimun. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .