Ternyata Tanaman Lotus Bisa Dimakan; Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Ilustrasi khasiat akar lotus untuk kesehatan (Freepik/Dashu83)

Bagikan:

PALEMBANG- Siapa sangka ternyata tanaman air Lotus atau Teratai bisa dikonsumsi. Tidak sekadar aman dimakan, resep kuliner berbahan bunga lotus dan akarnya pun mengandung khasiat kesehatan. Tanaman cantik dengan bunga berwarna putih dan merah muda ini habitat aslinya di Asia, Australia, dan sebagian Timur Tengah.

Rimpang lotus bentuknya bersegmen dan bisa dimakan. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 4 kaki dengan panjang rimpang 10-20 sentimeter dan diameter 6-10 sentimeter. Di Jepang, akar lotus disebut dengan renkon. Sedangkan di Cina dikenal dengan lian ou, di Korea populer dikenal yeonguen, dan di India disebut kamal kakdi.

Bentuknya tabung dalamnya berongga, sehingga ketika dimasak dipotong tipis sehingga tampilannya terlihat cantik. Mengutip Honest Food Talks, Kamis, 17 Maret, akar lotus memiliki rasa agak manis menyerupai kastanye air. Teksturnya renyah dan kenyal apabila diolah dengan dikukus atau direbus sebagai sup.

Dalam setengah porsi sup akar lotus sama sekali tidak mengandung lemak tetapi terdapat 1 gram protein, kalori (40 gram), natrium (27 mg), karbohidrat (9,6 gram), serat (1 gram), vitamin C (16,4 mg), vitamin B (0,2 mg). Bahan makanan ini mengandung indeks glikemik rendah, tepatnya dengan beban glikemik 3. Dari seluruh kandungan tersebut, berikut manfaat akar lotus untuk kesehatan.

1. Mendukung kesehatan jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, akar lotus mengandung folat dan vitamin C sehingga memiliki manfaat tersebut. Bahkan terdapat kandungan potasium dan cukup kalium untuk membantu seseorang dengan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Buang air besar secara teratur membutuhkan serat. Serat tidak larut dalam akar lotus bisa membantu mendapatkan manfaat tersebut ditambah lagi dapat membantu saluran pencernaan sehat.

3. Mengurangi risiko cacat lahir

Bagi ibu hamil, akar teratai memberikan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kehamilan. Dilansir VeryWellFit, kandungan folat (vitamin B9) dalam akar lotus baik untuk ibu hamil. Orang subur disarankan untuk berhati-hati dan perlu mendapatkan cukup folat untuk mencegah cacat bawaan yang berbahaya.

4. Mengobati Hay Fever

Beberapa bukti menemukan bahwa bubuk akar lotus dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Studi ini cukup menjanjikan, meski perlu dilakukan penelitian pada manusia dengan variabel lebih banyak untuk memastikan manfaat akar lotus. Efek anti inflamasi pada akar lotus dicobakan pada tikus, hasilnya dapat mengurangi kemerahan dan rambut rontok sebagai respons terhadap alergen.

5. Merangsang sirkulasi darah

Akar lotus kerap dijadikan sebagai menu diet seimbang, dilansir Organic Facts. Makanan dari akar ini bagus untuk merangsang sirkulasi darah. Mereka juga dapat bermanfaat meningkatkan energi karena mengandung tembaga dan zat besi. Kedua kandungan tersebut terutama bermanfaat untuk mengurangi anemia dan meningkatkan vitalitas.

Itulah fakta dan manfaat bagi kesehatan dari akar lotus. Tertarik mengolahnya menjadi menu makanan Anda?

IKuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.