5 Tips Memilih Buah Alpukat yang Sudah Matang Sempurna, Jangan Salah Beli
Ilustrasi buah alpukat (Gill Ndjouwou/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Salah satu bunya kaya manfaat bagi kesehatan yang banyak diburu adalah alpukat. Buah ini mudah ditemukan di pasar tradisional, hingga swalayan. Anda pun bisa dengan bebas memilih alpukat mana yang akan Anda ambil untuk dibeli.

Namun ternyata memilih alpukat cukup susah-susah gampang, hal ini karena alpukat termasuk jenis buah yang tidak matang di pohon, melainkan harus Anda tunggu kematangannya. Buah yang satu ini kadang tampak bagus di luar namun busuk di dalam.

Ketika hendak membeli alpukat, Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memeriksa tingkat kematangannya. Berikut beberapa tips selain tingkat kematangan yang harus Anda lakukan ketika akan membeli alpukat.

Tekan bagian batang perlahan

Tekan perlahan bagian atas yang dekat dengan batang alpukat dengan tekanan yang halus. Jika setelah ditekan alpukat mempertahankan bentuknya maka siap untuk dimakan. Tapi, jika jari meninggalkan penyok atau bekas maka kemungkinan besar sudah terlalu matang.

Sentil batangnya

Tips membeli alpukat lainnya adalah menyentil bagian batang kecil yang tertinggal di atas alpukat. Jika saat menyentil batang kecil alpukat dan bagian hijau terlihat di bawahnya, maka alpukat sudah matang. Namun, jika batangnya tidak mudah lepas atau bagian bawahnya terlihat berwarna cokelat, maka bisa jadi batangnya kurang matang atau terlalu matang.

Jangan terpaku pada warna

Meski warna merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan alpukat yang baik, Anda sebaiknya jangan mudah tertipu dengan warna luar yang terlihat sebab warna alpukat matang bisa berbeda-beda tergantung jenisnya.

Perhatikan perubahan warna

Setiap perubahan warna pada kulit luar alpukat atau noda gelap pada alpukat menandakan buah alpukat yang terlalu matang.

Tidak membeli dalam jumlah banyak

Tips memilih alpukat terbaik adalah tidak membeli alpukat dalam jumlah besar karena kemungkinan semuanya bisa matang bersama. Jika Anda akhirnya membeli alpukat dalam jumlah besar, simpanlah di lemari es untuk mencegah pematangan buah dengan cepat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.