Perut Kosong Jangan Konsumsi 4 Jenis Makanan, Berbahaya bagi Lambung!
Makanan yang Tidak Dikonsumsi saat perut kosong (Ella Olson/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kita cenderung akan mengonsumsi makanan apa saja dan dalam porsi yang banyak ketika perut lapar. Tentu saja itu karena kita ingin merasa kenyang. Akan tetapi ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak disantap saat perut kosong karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti mual, muntah, dan diare. Ini terjadi karena saluran gastrointestinal (GI) jadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu saat perut kosong.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut  VOI  paparkan jenis makanan yang wajib Anda hindari konsumsinya saat perut lapar.

sayuran mentah

Mengonsumsi sayuran mentah dalam salad sayur dalam keadaan kosong misalnya, dapat membuat tubuh merasa cepat kenyang dan dapat menyebabkan penurunan gula darah. Sayuran yang tidak berserat pun membuat tubuh sulit mencerna sehingga menyebabkan kembung.

Alpukat

Makan buah alpukat saat perut kosong dapat memicu naiknya asam lambung pada beberapa orang dengan gejala mual dan muntah setelah mengonsumsi alpukat. Ini disebabkan karena tubuh lambat menghancurkan lemak dalam alpukat sehingga lambung perlu mengeluarkan ekstra asam untuk memecah lemak.

daging merah

Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Anda bekerja ekstra (memecah protein), sehingga perut terasa tak nyaman, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

Buah dalam porsi besar

Makan buah dalam porsi banyak bisa mengakibatkan naiknya glukosa darah. Anda bisa merasa kenyang sewaktu-waktu, namun dalam 30-60 menit rasa lapar berlebih bisa menyerang kembali.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.