Waspadai 6 Penyakit yang Bisa Muncul dari Gejala Lambung Bermasalah
Ilustrasi sakit perut (Pexels/Sora Shimazaki)

Bagikan:

PALEMBANG - Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang sering mengalami masalah kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut muncul karena gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi Anda yang sering bermasalah dengan lambung, pasti sangat terganggu. Sejumlah masalah pada lambung, mulai dari yang ringan hingga berat perlu dikenal dan diwaspadai.

Lambung merupakan organ penting dalam tubuh. Fungsinya sangat signifikan, sebab lambung bekerja mengelola, mengolah hingga menyerap sari makanan yang dikonsumsi. Untuk mengelola dan mengolah makanan, lambung memproduksi asam yang dikenal dengan asam lambung.

Satu hal yang bermasalah akan memengaruhi mekanisme tubuh, termasuk jika mengalami masalah pada lambung, segera kenali gejalanya dan ambil tindakan untuk menyembuhkannya.

Nah, langkah pertama kenali gejala dan jenis-jenis penyakit yang menyerang lambung di bawah ini.

Maag atau  dispepsia

Dispepsia  dikenal juga dengan maag yang disebabkan oleh berbagai masalah pada lambung atau perut bagian atas. Maag ini berhubungan dengan tukak lambung, kanker lambung, gastritis, infeksi perut, dan stres.

Melansir  Dokter Sehat,  Selasa, 23 Februari, kelima penyakit di atas juga dapat menjadi penyebab rasa nyeri di ulu hati. Gejalanya, antara lain perut terasa penuh dan kembung.

Rasa tidak nyaman tersebut menurunkan berat badan dan tidak berselera makan. Bahkan, rasa memicu mual hingga sulit menelan makanan.

Asam lambung atau GERD

Don't keliru,  ya , antara maaf dan asam lambung atau GERD memang mengalami gejala yang sama seperti rasa nyeri di ulu hati. Namun, asam lambung atau GERD (Gastroesophaegeal Reflux Disease) juga akan merasakan asam di rongga mulut, sering bersendawa, batuk kering, dan cegukan.

Penyebab asam lambung adalah naiknya tingkat asam yang diproduksi lambung. Sebenarnya, asam lambung bermanfaat untuk membantu proses cerna makanan. Tetapi karena diproduksi lebih banyak dari yang dibutuhkan, maka menyebabkan masalah pada lambung

Beberapa penyebab, umumnya dipicu oleh beberapa hal antara lain berlebihan minuman berkafein, tidur setelah makan, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan obesitas.

Cara cepat mengobati asam lambung adalah dengan mengelola porsi makan serta menghindari tidur setelah makan. Makanan berkarbohidrat perlu dibatasi agar asam tidak diproduksi berlebihan. Nah, saat tiba-tiba terserang asam lambung, Anda dapat mengunyah permen sementara karet waktu untuk meredakan.

Artinya, untuk menyembuhkan GERD diperlukan proses yang tidak instan. Agar tak terganggu dengan penyakit lambung ini, Anda bisa mengatur pola hidup yang lebih sehat.

Tukak lambung

Tukak lambung terjadi karena mengalami luka pada dinding lambung. Penyebabnya dinding terkikis yang disebabkan beberapa hal, antara lain infeksi bakteri helicobacter pylorihelicobacter pylori, minum aspirin berkepanjangan, dan makanan terlalu pedas.

Gejalanya mirip dengan GERD dan maag, terasa nyeri pada ulu hati. Yang membedakan, tukak lambung tak jarang diikuti dengan terjadinya pendarahan pada feses.

apa saja penyakit yang ada di lambungIlustrasi memegang perut dan dada (Pexels/cottonbro)

Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi dimana lambung terlalu lambat mencerna makanan. Gangguan fungsional ini terjadi saat otot-otot dinding lambung tidak dapat bekerja efektif.

Penyebab gastroparesis adalah gangguan tiroid, diabetes, efek samping minum obat-obatan, dan efek dari terapi radiasi perut pada penderita kanker. Penyakit lambung gastroparesis ini terjadi pada penderita diabetes ketika gula darah drop.

Gejala yang dialami antara lain mual, perut kembung, gula darah rendah, dan terasa sakit pada perut.

Gastritis

Peradangan pada lambung atau gastritis terjadi karena lapisan dinding lambung rusak. Lapisan tersebut berupa kelenjar penghasil enzim cerna dan asam lambung.

Penyebab dari gastritis antara lain infeksi bakteri, refluks empedu, infeksi autoimun pada tubuh, dan konsumsi obat-obatan yang mengandung anti-inflamasi nonsteroid.

Gejala yang paling dapat membedakan dengan gejala penyakit lambung lainnya adalah warna feses gelap dan diikuti muntah darah.

Gastroenteritis

Gastroenteritis dikenal juga dengan flu lambung, penyebabnya adalah konsumsi makanan yang tidak bersih, udara yang terkontaminasi, dan dapat menular setelah kontak dengan penderita. Flu lambung ini memiliki penyebab yang berbeda antara yang dialami ana-anak dan orang dewasa.

Pada anak-anak, disebabkan infeksi norovirus dan rotovirus. Sedangkan pada orang dewasa karena terinfeksi bakteri  campylobacter .


Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .