Mengenal Suku-Suku di NTB dan Fakta Budayanya yang Menarik
Ilustrasi suku-suku di NTB dan fakta menarik (Sumber gambar: Kemendikbud)

Bagikan:

PALEMBANG- Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keragaman suku di setiap daerahnya. Salah satunya suku-suku di NTB atau Nusa Tenggara Barat, sebuah provinsi di bagian Indonesia timur. Provinsi ini terdiri dari dua pulau, yaitu Lombok dan Sumbawa dengan jumlah penduduk 5.320.092, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2020. Sedangkan suku-suku yang mendiami Provinsi NTB, berikut fakta menarik tentangnya.

Secara administratif, Provinsi NTB dibagi menjadi 11 kabupaten dan termasuk dalam tiga kelompok suku, yaitu dikenal dengan nama Sasambo. Sasambo merupakan akronim dari suku asli di Provisi NTB, yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo. Selain tiga suku ini, terdapat suku lain di antaranya Bali, Jawa, Bugis, Bajo, Banjar, dan Melayu.

Suku ketiga dari NTB tersebut memiliki bahasa sehari-hari yang berbeda. Di masyarakat Sasak, dikenal dengan bahasa Sasak, sedangkan di bahasa Mbajo dipakai oleh masyarakat Bima dan Dompu. Untuk bahasa Samawa dipakai masyarakat Sumbawa.

Suku Sasak

Mengutip dari buku  Berkenalan dengan Sasambo yang  ditulis oleh Bunyamin terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, suku Sasak merupakan salah satu suku tertua di Indonesia. Nama  sasak,  menurut tradisi lisan suku ini, berasal dari kata  sa'-saq  artinya 'yang satu'. Nama ini tak lepas dari Lombok dari kata  lomboq  yang berarti 'lurus'.

Masyarakat Sasak masih kental dengan kearifan lokalnya. Uniknya, terdapat tradisi 'kawin lari' atau dikenal dengan tradisi Merarik. Tradisi ini dilakukan ketika pasangan yang akan menikah dan saling menyukai. Bersama kerabat, calon pengantin pria akan 'menculik' calon pengantin wanita dan menitipkan pada keluarga sang pria.

Suku Samawa

Suku Samawa yang menuturkan bahasa Samawa menggunakan bahasa daerah ini dalam kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa kata pada bahasa Samawa, merupakan serapan dari etnis Jawa, Madura, Bali, Sasak, Bima, Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, Cina, dan Arab. Pada masa penjajahan, bahasa ini juga menyerap kosakata yang berasal dari bahasa Portugis, Belanda, dan Jepang.

Dialek dalam bahasa ini juga terbagi menjadi beberapa macam, termasuk dialek Taliwang, Jereweh, dan Tongo. Suku ini menyebut dirinya sebagai  Tau Samawa.

Suku Mbojo

Suku Mbojo, atau dikenal juga dengan suku Bima, memiliki banyak persamaan dengan Makasar Kuno. Pasalnya, kesamaan aksara pada keduanya. Jika ditelisik akarnya, aksara Sansekerta dapat dipastikan sebagai asal-usulnya. Sejak abad ke-17, dalam catatan sejarah Kerajaan Bima  Bo Sangaji Kai,  aksara Mbajo banyak ditulis dengan bahasa Arab dan Melayu.

Berdasarkan bahasa dan ras, suku ini terbadi menjadi dua kelompok, yaitu Bima Lama ( Mbojo ma Ntoi)  dan Bima Baru ( Mbojo 'Bou ). Bahasa Bima Lama, meliputi bahasa Donggo, termasuk Donggo Ipa, Donggo Ele, dan Donggo Kolo.

Donggo Ipa dituturkan oleh masyarakat yang tinggal di pegunungan sebelah barat teluk Bima. Donggo Ele menuturkan bahasa Tarlawi dan dituturkan oleh masyarakat yang tinggal di Pegunungan Wawo Tengah. Sedangkan Donggo Kolo, dituturkan oleh masyarakat yang bermukim di Desa Kolo, sebelah timur Kecamatan Asakota, Kota Bima saat ini.

Masyarakat Bima Baru, menuturkan bahasa  Nggahi Mbojo , yang berdomisili di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Bahasa ini berfungsi sebagai bahasa ibu.

Busana sehari-hari yang dikenakan perempuan suku Mbojo dan Dompu cukuplah unik. Mereka mengalungkan sarung sekaligus sebagai penutup kepala. Pakaian tradisi ini disebut dengan Rimpu.

Itulah ringkasan singkat mengenai suku-suku di NTB dan fakta menarik tentang suku tersebut. Beragam bahasa serta penuturan bahasa daerah tersebar di seluruh Indonesia, ini salah satu gambaran tentang kekayaan budaya Nusantara.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan bertira Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.