5 Kebiasaan Hidup yang Berperan Meningkatkan Daya Ingat Memori
Ilustrasi orang berpikir (Kampus Production/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Informasi yang ada di kepala kita dapat kita akses berkat adanya memori atau ingatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Akan tetapi, terkadang kita memerlukan sedikit usaha ekstra untuk mengingat hal-hal penting, bukan?

Nah, ternyata ada beberapa solusi alami yang bisa membantu mendukung kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Apa saja? Melansir MindBodyGreen, Senin, 7 Februari, berikut lima tips kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan memori.

Penuhi kebutuhan nutrisi

Psikiatri nutrisi adalah bidang ilmu yang menggunakan makanan dan suplemen untuk menyediakan nutrisi penting dan fitonutrien yang membantu mendukung kebutuhan kesehatan mental individu. Dengan kata lain, membuat perubahan pola makan yang strategis dapat mendukung kesejahteraan mental individu dan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa perubahan nutrisi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat:

  • Batasi tambahan gula, biji-bijian olahan, dan makanan olahan
  • Tingkatkan protein hewani, lemak sehat, dan antioksidan
  • Dukung metabolisme Anda dengan menentukan apa dan kapan harus makan
  • Menjaga keseimbangan kadar gula darah

Konsumsi suplemen Omega-3

Berbicara tentang lemak sehat, asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi kognitif secara keseluruhan dan meningkatkan daya ingat. Terutama EPA dan DHA yang merupakan asam lemak omega-3 paling banyak ditemukan pada makanan laut seperti ikan dan ganggang.

Mengonsumsi omega-3 dalam jumlah cukup telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan kognitif, dan DHA khususnya (dengan atau tanpa EPA) telah terbukti meningkatkan kerja dan memori episodik, memperkuat perlindungan saraf secara umum, serta meningkatkan aliran darah ke otak. 

Aktif bergerak

Olahraga adalah obat bagi tubuh dan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik dan kardiorespirasi masing-masing meningkatkan zat putih dan abu-abu di otak. Zat abu-abu bertanggung jawab atas sebagian besar pemrosesan yang terjadi di otak, sementara zat putih lebih terlibat dalam komunikasi di dalam otak dan antara otak dan sumsum tulang belakang yang mana semuanya penting untuk fungsi memori.

Jadi, berapa banyak gerakan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental yang optimal? Satu studi cross-sectional yang diterbitkan oleh Lancet Psychiatry mengungkapkan bahwa, waktu gerak yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan mental adalah sekitar 30-60 menit dalam tiga hingga lima kali seminggu. Selain baik untuk kesehatan mental, rutin berolahraga juga bagus untuk menjaga kestabilan mood.

Meditasi

Meditasi dan praktik mindfulness lainnya sedang populer saat ini. Meditasi telah terbukti memperpanjang telomere (sebuah biomarker untuk memperpanjang umur) dan meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. Lebih khusus lagi, meditasi meningkatkan zat abu-abu di otak dan membantu meningkatkan memori dan pembelajaran.

Cukup tidur

Tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi tahukah Anda bahwa tidur memainkan peran spesifik dan vital dalam memori yang sehat? Saat Anda tidur setiap malam, otak mengambil semua informasi dari hari itu dan memangkas bagian-bagian yang tidak perlu sehingga hanya menyimpan informasi yang dianggap penting saja.

Tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam perhari memastikan ingatan yang tepat tetap tersimpan. Jadi pastikan untuk tidur lebih awal jika Anda ingin menambah daya ingat.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.