6 Makanan Penambah Daya Ingat, Cocok untuk Kesehatan Otak
Makanan Penambah Daya Ingat (Gambar Tong Nguyen van - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak sebab mengapa Kalian dapat mudah lupa ataupun pikun. Ambil contoh sebab kurang tidur, kelainan genetik, keletihan akibat aktivitas fisik, gaya hidup, umur, serta aspek lingkungan. Berita baiknya, makanan tertentu bisa tingkatkan kesehatan otak dan jadi penambah daya ingat, lho! Apa saja makanan penambah daya ingat? Ikuti pembahasannya di bawah ini.

Pada dasarnya, makanan apa juga yang baik buat kesehatan jantung juga bisa menolong memaksimalkan kesehatan otak.

Alasannya, jantung yang sehat bisa mengalirkan darah secara maksimal ke seluruh badan, termasuk otak Kalian.

Perihal ini bisa menolong menjaga fungsi otak, termasuk fungsi kognitif, sehingga bisa jadi penambah memori ataupun daya ingat. Lalu, santapan semacam apa yang dapat dipilih?

Melansir laman Mayo Clinic Health System, Kalian dapat memilih makanan yang memiliki lemak sehat dan bermacam makanan nabati yang kaya fitonutrien buat kebaikan otak Kalian.

Fitonutrien merupakan senyawa antioksidan yang terdapat dalam bermacam tumbuhan.

Senyawa ini bisa menolong memperlambat proses penuaan dan kurangi resiko berbagai penyakit, termasuk penyakit otak.

Lalu, apa saja daftar makanan yang dapat meningkatkan daya ingat? Berikut pilihannya buat Kalian.

Makanan Penambah Daya Ingat

1. Ikan salmon

Salmon serta ikan berlemak lainnya berada di urutan paling atas dalam daftar makanan yang baik buat kesehatan otak.

Kandungan asam lemak omega-3 yang dipunyai salmon diperlukan otak buat membangun sel-sel serta saraf. Asam lemak satu ini pula berfungsi penting buat tingkatkan memori.

Tidak hanya salmon, Kalian pula dapat memperoleh khasiat ini dari ikan kembung, tuna, serta sarden.

2. Telur

Telur memanglah jadi menu santapan kesukaan banyak orang sebab simpel dibuat, namun tetap nikmat.

Walaupun sederhana, tampaknya, telur pula jadi salah satu makanan penambah daya ingat Kalian. Kok, bisa?

Alasannya, telur memiliki kolin yang berfungsi dalam pembuatan neurotransmitter buat mengendalikan suasana hati serta memori.

Tidak hanya itu, telur memiliki vitamin B yang bisa menolong melindungi kesehatan otak dan kurangi resiko stroke serta Alzheimer.

3. Blueberry

Blueberry serta buah beri berupa hitam yang lain menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman yang mempunyai sifat anti-inflamasi serta antioksidan.

Antioksidan berperan dalam melawan stres oksidatif yang merangsang peradangan, keadaan yang bisa menimbulkan penuaan otak.

Bersumber pada salah satu ulasan dari 11 studi yang ada, blueberry disimpulkan bisa menolong tingkatkan daya ingat serta proses kognitif tertentu pada anak serta kelompok lanjut usia (lansia).

4. Kopi serta teh

Tanpa Kalian sadari, kopi serta teh yang kerap Kalian konsumsi bisa menolong menguatkan daya ingat Kalian. Khasiat ini dapat Kalian peroleh berkat isi kafein di dalamnya.

Kafein diketahui berperan selaku psikostimulan yang bisa memacu pemrosesan informasi.

Berkat cara kerja tersebut, mengkonsumsi kopi serta teh dalam kadar yang cukup pula dapat menolong tingkatkan konsentrasi jangka pendek.

5. Brokoli

Brokoli ialah salah satu sayur-mayur yang kaya akan vitamin K. Vitamin satu ini diperlukan buat melindungi kesehatan otak.

Vitamin K berfungsi penting dalam membentuk sphingolipids. Nama terakhir ialah sejenis lemak yang dikemas dengan padat ke dalam sel otak.

Tidak hanya itu, beberapa riset pada lansia pula sudah mengaitkan jalinan antara vitamin K dengan kemampuan daya ingat serta status kognitif yang lebih baik.

Di luar vitamin K, brokoli pula memiliki senyawa anti-inflamasi serta antioksidan yang bisa melindungi otak dari kerusakan.

6. Alpukat

Alpukat Bagi Kalian penikmat alpukat ataupun juice alpukat, Kalian pantas berbahagia.

Alasannya, alpukat tidak cuma nikmat, namun pula dapat jadi salah satu makanan penambah daya ingat. Kenapa bisa?

Alpukat ialah salah satu buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh tunggal ialah lemak sehat yang bisa melindungi kesehatan jantung serta pembuluh darah. Perihal ini bisa dapat meningkatkan kesehatan otak serta peranan memori Kalian.

Agar lebih menunjang lagi kami telah menyediakan artikel “Cara Meningkatkan Daya Ingat” agar lebih kuat lagi ingatan kalian.

Jadi setelah mengetahui makanan penambah daya ingat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!