Tidur Malam yang Bekualitas Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi tidur malam yang berkualitas (Pexels/cottonbro)

Bagikan:

PALEMBANG- Meski kerap dianggap sepele atau kebiasaan yang sederhana, sebenarnya punya peran cukup penting. Karena asiknya mengejar habis tugas, kadang sampai lupa mengistirahatkan tubuh pada malam hari. Padahal, tidur malam yang cukup dan berkualitas bermanfaat untuk kesehatan mental .

Berikut 4 manfaat tidur malam yang cukup dan berkualitas untuk kesehatan mental.

  1. Mempertajam daya konsentrasi

Dilansir dari laman yang dibuat oleh Victorian Government Department of Health and Human Services,  SuicideLine Victoria, mengemukakan  bahwa semakin Anda lelah maka semakin sulit bagi Anda untuk berkonsentrasi pada sesuatu.

Kurang tidur bisa membuat kita sulit fokus dan menerima informasi dengan tepat. Nah , sebaliknya jika cukup istirahat dan tidur, pikiran jadi lebih jernih dan fokus lebih tajam.

  1. memori foto

Terdapat tiga tahapan dalam pembentukan memori, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan mengingat. Akuisisi, ketika menginformasikan diperkenalkan ke otak Anda. Sedangkan konsolidasi adalah saat memori.

Nah , mengingat adalah ketika memori yang disimpan bisa diakses kembali. Akuisisi dan memori terjadi saat kita terjaga, dan konsolidasi terjadi saat kita bangun.

Jadi ketika otak akan mengkonsolidasikan dan mengatur memori sehingga besok atau seterusnya bisa diakses kembali.

3. Kurangi stres

Bukan rahasia umum lagi jika stres bisa memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh kurangnya tidur. Anda memperhatikan bagaimana hal kecil yang mengganggu Anda jika kurang tidur pada malam sebelumnya?

Para peneliti mencatat bahwa kurang tidur bisa membuat seseorang mudah, bereaksi negatif terhadap gangguan, dan interupsi kecil.

Sebuah survei yang dilakukan American Psychological Association, melaporkan bahwa orang dewsa yang tidur kurang dari delapan jam lebih mungkin mengalami stres daripada yang tidur delapan jam.

4. peningkatan suasana hati

Dilansir  Better Health Channel , Jumat, 6 Agustus, penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur melaporkan peningkatan suasana negatif. Mudah marah, sedih, hingga gejala  swing mood .

Bagi orang dewasa, tidur malam berkualitas rata-rata selama 7-8 jam, kontinu, dan nyenyak. Maka untuk meningkatkan suasana hati, kesehatan mental, dan fisik tetap terjaga, mendapatkan tidur berkualitas setiap malamnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 4 Manfaat Tidur Malam yang Berkualitas untuk Kesehatan Mental. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .