Lupa Alamat Email untuk Login Akun Google, Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memulihkannya
Lupa Alamat Email Saat Masuk ke Akun Google, Lakukan Cara Ini untuk Memulihkannya (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu elemen penting di era digital yang harus dimiliki oleh tiap orang adalah alamat email. Email dapat digunakan untuk melakukan banyak aktivitas di internet. Salah satu fungsi email adalah untuk mengakses akun Google yang Anda miliki di perangkat smartphone maupun komputer.

Saat menggunakan smartphone atau perangkat komputer, pengguna akan diminta untuk login ke akun Google mereka, atau mendaftar terlebih dahulu menggunakan alamat email yang dimiliki apalbila belum memiliki akun.

Dengan membuat akun di Google, pengguna dapat menggunakan beragam fitur yang ditawarkan dengan lebih optimal, seperti menyimpan data secara online di Google Drive, atau aktivitas lainnya.

Namun, terkadang pengguna sering lupa dengan password email yang digunakan saat ingin masuk ke akun Google Anda. Bahkan, tidak jarang pengguna justru mengingat password tetapi lupa dengan email mereka.

Hal itu pun membuat pengguna jadi bingung, terutama jika Anda harus memeriksa dokumen atau hal lainnya yang tersimpan di akun Google Anda, seperti di penyimpanan Google Drive.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, pengguna tidak perlu khawatir karena Anda dapat memulihkan alamat email tersebut dengan mudah. Apabila Anda belum tahu cara melakukannya, pengguna dapat mengikuti tutorial yang telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Memulihkan Akun ketika Pengguna Lupa Alamat Email

Untuk memulihkan akun email, ketika pengguna lupa dengan alamat email yang Anda miliki, pengguna dapat masuk ke akun Google melalui mesin peramban yang ada di perangkat Anda.

Pengguna akan masuk ke halaman awal Google dan diminta untuk memasukkan alamat email Anda. Oleh karena pengguna lupa dengan alamat email Anda, pengguna dapat memilih menu “Lupa E-mail” yang ada di kolom bagian bawah.

Email Pemulihan Akun Google

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon atau alamat e-mail pemulihan yang Anda daftarkan di akun Google Anda.

Nantinya, pengguna akan menerima kode verifikasi di kotak masuk e-mail pemulihan Anda, atau melalui nomor telepon yang sudah Anda daftarkan.

Selanjutnya Anda akan diarahkan pada daftar nama pengguna yang cocok dengan akun Anda dan pilih salah satu untuk melanjutkan masuk ke akun Google.

Jika Anda tetap tidak dapat masuk ke akun Google Anda, mungkin email yang Anda pilih bukan milik Anda sehingga terjadi kesalahan saat Anda memasukkan password.

Membuat Email Baru untuk Akun Google

Oleh karenanya, pengguna dapat mengulang langkah yang sama untuk mencari email yang benar-benar milik Anda. Namun, jika Anda tetap tidak bisa mengakses akun Anda, pengguna dapat membuat email baru, dengan catatan data Anda yang tersimpan di akun Google sebelumnya tidak dapat diakses lagi.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan akun Google yang tidak dapat Anda akses karena pengguna lupa dengan alamat email yang Anda miliki.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.