Bisa Cek Ongkir Lewat WhatsApp, Kirim Barang Jadi Tidak Repot Lagi
Cek Ongkir Bisa Dilakukan Menggunakan WhatsApp, Begini Cara Melakukannya (Selly Mobile Apps)

Bagikan:

PALEMBANG - Semenjak beralihnya aktivitas perdagangan dari toko fisik ke toko online, kini banyak orang yang memilih berbelanja secara online. Masyarakat mempunyai kebiasaan baru beli barang melalui e-Commerce. Tak hanya konsumen, banyak juga yang menjadi penjual dan reseller  toko online.

Untuk menarik pelanggan membeli produk mereka, penjual biasanya menggunakan berbagai layanan iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya. Sementara untuk melakukan interaksi hingga terjadi transaksi dengan pelanggan penjual biasanya menggunakan aplikasi pesan instan WhatsApp.

Saat melihat biaya ongkos kirim (Ongkir), penjual biasanya harus membuka dua jendela di ponsel mereka untuk melihat biaya ongkir dan mengirimkannya kepada pelanggan. Hal itu pun cukup merepotkan, terutama bagi penjual yang belum terbiasa melakukannya.

Cek Ongkir Via WhatsApp Menggunakan Aplikasi Selly

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp saat ini memungkinkan pengguna untuk memasang aplikasi pihak ketiga yang dapat menunjukkan daftar ongkir dengan mudah, yakni aplikasi Selly.

Untuk memasang aplikasi Selly dan mengintegrasikannya dengan WhatsApp, tim VOI telah menyiapkan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Langkah Cek Ongkir Menggunakan WhatsApp

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Selly di Play Store dan instal di perangkat Anda.

Selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan buat akun baru menggunakan email dan isi formulir yang diminta, kemudian lakukan verifikasi.

Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat login menggunakan email dan password yang Anda buat sebelumnya. Pengguna akan masuk ke halaman utama Selly, dan melihat daftar fitur yang dapat Anda gunakan.

Untuk bisa melakukan cek ongkir menggunakan WhatsApp, masuk ke menu pengaturan keyboard ponsel Anda, kemudian aktifkan Keyboard Selly, dengan memilih menu "Selly" pada pengaturan keyboard.

Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Pada bagian atas tampilan keyboard Anda terdapat ikon baru yakni "Membuat Tagihan", "Cek Ongkir", "Auto Text", dan "Pending".

Anda dapat memilih menu Cek Ongkir pada tampilan keyboard tersebut, dan pilih ikon Maps untuk memasukkan lokasi pengiriman. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan alamat penerima barang.

Setelah memasukkan alamat pengirim dan penerima, klik "Selesai", dan Anda dapat melihat biaya ongkir dengan klik ikon "Cek Ongkir". Anda akan diperlihatkan biaya ongkir yang harus dibayarkan berikut dengan jasa ekspedisi yang digunakan.

Selanjutnya, centang nama ekspedisi yang Anda gunakan dan secara otomatis akan disalin menjadi teks yang berisi detail pembayaran ongkir. Anda pun dapat mengirimkannya kepada pelanggan.

Demikianlah cara melakukaan cek ongkir dengan mudah melalui aplikasi WhatsApp dengan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah Anda mengecek ongkir saat mengirim barang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.