Membuat CCTV  Memakai Kamera HP Emang Bisa? Begini Cara Pemasangan dan Aplikasi yang Digunakan
Cara membuat kamera HP jadi CCTV (CNET)

Bagikan:

PALEMBANG- Kini sudah banyak rumah, kantor, atau toko yang menggunakan CCTV untuk memantau keamanan. CCTV sudah menjadi kebutuhan di tempat yang rawan kejahatan. Menggunakan CCTV tidak harus menunggu sebuah kasus pencurian.

Tidak ada salahnya mengawasi ruangan penting, seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja, dan ruang lainnya. Apalagi saat ditinggal ke luar kota selama beberapa hari.

CCTV Bisa untuk Melihat Hantu

Bahkan, ada juga yang memanfaatkan CCTV untuk menangkap sosok tak kasat mata. Membuat CCTV dengan menggunakan smartphone atau ponsel bukanlah hal yang mustahil. Jika Anda memiliki dua ponsel, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat CCTV.

Jangan membayangkan kita akan memodifikasi komponen HP agar menjadi CCTV. Anda cukup menggunakan sebuah aplikasi untuk membuat HP Anda berfungsi sebagai CCTV.

Selain itu, siapkan dua smartphone dan koneksi internet minimal 3G. Kami akan memberikan tutorial membuat CCTV menggunakan ponsel. Setelah siap, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat HP menjadi CCTV dengan Aplikasi Alfert Camera

  • Siapkan dua smartphone, bisa dua Android bisa juga dua Iphone. HP pertama digunakan sebagai kamera CCTV sehingga pilihlah yang kualitas kameranya bagus. HP kedua digunakan sebagai viewer atau pengamat. Jangan lupa siapkan charger agar CCTV dapat merekam 24 jam.
  • Gunakan koneksi internet yang stabil, baik menggunakan wifi maupun data seluler minimal 3G.

    Instal aplikasi Alferd Home Security di kedua HP. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Jika Anda ingin menggunakan fitur aplikasi lebih maksimal, upgrade ke premium.

  • Pilih fungsi HP
  • Buka aplikasi Alfred Home Security lalu ikuti tutorial hingga Anda memilih fungsi HP. HP satu sebagai CCTV dan satunya sebagai pengamat agau viewer atau pengamat.
  • Masukkan akun Google yang sama di kedua HP
  • Jika belum punya, Anda dapat membuat akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, login di kedua HP tersebut.

    Letakkan CCTV di tempat yang Anda inginkan.

Cara Pemasangan HP untuk Digunakan Sebagai CCTV

Agar bisa merekam keseluruhan ruangan, Anda bisa menggunakan tripod. Selain itu, Anda juga bisa memilih ingin menggunakan kamera depan atau belakang. Anda pun sudah bisa mengoperasikan CCTV ini. Gunakan CCTV ini untuk merekam kejadian di dalam ruangan. Perlu diketahui, aplikasi ini dapat merekam di latar belakang. Bahkan, meskipun layar HP mati proses merekam tetap berlangsung.

Selain menggunakan aplikasi Alferd Camera, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, seperti WardenCam. Aplikasi ini juga gratis dan dapat digunakan di HP Android dan IPhone.

Cara menggunakannya pun hampir sama. Namun, perlu diperhatikan, saat membuat CCTV, Anda harus menggunakan aplikasi yang sama.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.