5 Manfaat Melakukan Yoga Bersama Pasangan, Tingkatkan Keintiman Seks dan Dukungan Emosional
Ilustrasi yoga bersama pasangan (Unsplash/Krakenimages)

Bagikan:

PALEMBANG - Ada tiga komponen yang terlibat dalam aktivitas yoga, di antaranya tubuh, pikiran, dan jiwa. Sirkulasi pernafasan dalam tubuh juga tergerak mengalir dan energi terdistribusi ke setiap bagian tubuh. Efek melakukan yoga antara lain relaksasi, melenturkan otot, membentuk postur, dan produksi energi tubuh harmonis.

Bagaimana dengan yoga bersama pasangan? Ternyata, yoga bersama pasangan memberikan efek tidak hanya pada kebugaran fisik, tetapi juga memengaruhi kedekatan, membangun keintiman, hingga membantu hubungan lebih harmonis.

Dalam hubungan dengan pasangan, membutuhkan ikatan dan kegembiraan untuk mendapatkan keintiman. Menurut Kristin Buettner, dilansir Lifehack, Kamis, 18 November, latihan yoga yang menenangkan dan menyelaraskan bisa jadi ‘pelarian’ dari stres dan kesibukan dalam kehidupan sehari-hari. Buettener juga menyatakan bahwa yoga mampu meningkatkan fleksibilitas, keintiman, dan kekuatan dalam hubungan.

Karena 5 manfaat di bawah ini, mengapa Anda dan pasangan perlu mempertimbangkan untuk melakukan yoga bersama-sama.

1. Membangun dukungan emosional

Dalam gerakan yoga berpasangan, Anda akan mengandalkan sebagian atau seluruhnya pada pasangan Anda. Anda dan pasangan akan merasa lebih membutuhkan satu sama lain dan bisa saling membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan beryoga bersama pasangan, Anda juga akan menemukan bakat serta keterbatasan satu sama lain dan bekerja sama untuk mengembangkannya. Ini disebut sebagai saling memberikan dukungan emosional.

2. Meningkatkan keintiman dan kehidupan seks

Sebuah studi yang dilakukan oleh Loyola University Health System pada tahun 2013, menunjukkan bahwa yoga bersama pasangan dapat membantu pasangan yang menderita disfungsi seks. Ada gerakan atau pola yang mencakup pijatan, latihan pernapasan, dan pose-pose tersebut bermanfaat membangun kepercayaan diri, keintiman, serta hubungan seksual lebih baik.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Sudah jadi rahasia umum bahwa yoga bermanfaat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi stres dan kecemasan. Berada dalam hubungan yang lebih rendah stres dan kecemasan bisa meringankan pelunasan tanggung jawab. Banyak penelitian membuktikan bahwa tanggung jawab yang berat menyebabkan stres. Dengan beryoga bareng pasangan, membantu Anda dan pasangan tetap tenang serta rileks ditengah tanggung jawab yang berat.

4. Menurunkan ego dan kesombongan

Salah satu faktor yang paling mengganggu dalam hubungan intim adalah ego. Mereka yang punya ego tinggi cenderung narsis dan diliputi kesombongan. Tentu ini berpengaruh pada komunikasi dan saling pengertian pada setiap pasangan.

Melakukan latihan yoga bersama pasangan Anda bisa menurunkan ego karena saling mengajari bagaimana menerima satu sama lain termasuk perbedaan maupun kekurangan.

5. Sentuhan memberikan kehangatan dan mengekspresikan kasih sayang

Mayoritas pose yoga bersama pasangan bersentuhan satu sama lain. Dengan saling memberikan sentuhan, kehangatan dan kasih sayang bisa membuat hubungan semakin menyenangkan serta jauh dari kebosanan.

Bagaimana cara Anda dan pasangan untuk menjaga keintiman dan keharmonisan hubungan? Masukkan yoga dalam agenda Anda dan pasangan untuk menyerap kelima manfaat di atas.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.