7 Tanda Hubungan Percintaan Kurang Dukungan Emosional, Kenali Sebelum Terlambat
Ilustrasi hubungan yang kurang emotional support (Pexels/Alex Green)

Bagikan:

PALEMBANG- Kesehatan emosional menjadi salah satu kunci keharmonisan hubungan berpasangan. Setiap pasangan perlu saling memberi dan menerima apresiasi atau dukungan. Dukungan emosional atau dikenal dengan emotional support dari pasangan tentu akan berbeda dengan dukungan dari orang lain.

Berdasarkan deskripsinya, dilansir Marriage, Kamis, 7 Oktober, dukungan emosional mengacu pada memberikan cinta, perhatian, kepastian, dorongan, kasih sayang, dan penerimaan kepada orang yang kita cintai.

Karena satu dan lain faktor, dukungan emosional dalam hubungan kerap melemah. Hal ini bisa dikenali dengan tanda-tanda berikut.

1. Merasa berjarak

Meskipun memiliki pasangan, kesepian juga bisa dialami terutama ketika terjadi penurunan dukungan emosional. Penyebabnya memang tidak pasti satu hal, tetapi seseorang merasakan jarak ketika lebih sedikit berbagi dan berbicara dengan pasangan.

2. Tidak merasa terhubung

Lelah dan kesal akan mereda ketika bercerita dengan orang lain. Tetapi apabila pasangan bukan orang terdekat yang membuat Anda merasa terhubung, mungkin ada jarak emosional antara Anda dan pasangan.

3. Jarang menyentuh secara fisik

Keintiman fisik lebih dari sekedar seks. Berpegangan tangan, duduk berdekatan, berpelukan, dan berciuman adalah tanda Anda dan pasangan dekat satu sama lain. Apabila aktivitas menyentuh fisik jeda lama sekali, maka jarak yang terbentang terlalu panjang.

4. Jarang berkomunikasi

Tidak banyak berbagi cerita, berkomunikasi, bahkan mengirim pesan mengingatkan satu hal menandai sebuah dukungan emosional.

5. Tidak mendukung satu sama lain

Meski sudah berkomitmen untuk berpasangan, setiap orang tentu memiliki mimpi dan cita-cita masing-masing. Pasangan yang mendukung adalah penggemar atau pemberi motivasi paling berpengaruh. Mendukung pasangan secara emosional termasuk membantu pasangan Anda bangkit ketika terjatuh.

6. Enggan berbagi perasaan

Emosi dan perasaan perlu divalidasi oleh pasangan sebagai support system Anda. Jika Anda merasa kurang percaya diri, misalnya, pasangan bisa mendorong Anda untuk lebih berani. Namun, ketika Anda mendapatkannya dari orang terdekat lainnya, bisa menjadi satu tanda kurangnya keintiman emosional.

7. Tidak saling mendengarkan

Dengan menjadi pendengar yang baik, seseorang akan memahami. Tetapi apabila sibuk dengan pikiran sendiri sehingga tak mendengarkan apa yang dibagikan pasangan, maka perlu segera menyadarinya dan mengembalikan kedekatan emosional hanya dengan mendengarkan satu sama lain.

Dukungan emosional besar pengaruhnya pada meningkatkan kepercayaan dalam suatu hubungan. Kurangnya dukungan emosional dapat membahayakan masa depan hubungan. Artinya, ketika merasa berjarak cobalah untuk meluangkan waktu berdua dan membangun kembali emotional support.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 7 Tanda Hubungan Kurang Dukungan Emosional. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.